ini berita tentang H Jaya. Hati2 bu bilangin temennya.

rgrd

*****

......Berita soal Haji Jaya sudah diangkat kepermukaan hari ini, jum'at 25
Juli
2003 di Harian Sinar Harapan dan dibuat berseri sambil menunggu
wawancara
dari korban2 yg lainnya.  Semoga tidak ada lagi korban dari perbuatan
kejinya.
http://www.sinarharapan.co.id/berita/0307/25/jab06.html

Ketika Dukun Menjadi Alternatif Mencari Keturunan

JAKARTA - Bagi orang kebanyakan, anak atau keturunan merupakan bagian
yang
sangat penting dari tujuan sebuah pernikahan. Dalam masyarakat, citra
sebuah
keluarga tanpa anak akan menjadi sesuatu hal yang melahirkan
perguncingan.
Sebut saja Hana dan Yuni (bukan nama sebenarnya) adalah bagian dari
keluarga
yang pusing dengan perguncingan karena tidak mempunyai anak. Kedua
wanita
ini sudah menjalani kehidupan berumah tangga selama lebih dari tujuh
tahun.
Berbagai macam terapi dari dunia kedokteran ditambah lagi berdoa kepada
Tuhan sudah dilakukan agar harapan untuk memperoleh keturunan segera
dikabulkan oleh-Nya, namun ternyata belum juga. Dari segi medis, Hana
dan
Yuni serta pasangan mereka dinyatakan subur, yang artinya mampu
memberikan
keturunan.
Sampai pada suatu waktu, Hana melalui temannya mendapat informasi bahwa
di
Jalan Raya Bogor, Ciracas, Jakarta Timur, ada seseorang yang bernama
Haji
Jaya yang mampu membantu kehamilan bagi wanita yang menginginkan
keturunan.
Kerinduan yang besar untuk memiliki keturunan kemudian membawa Hana
kepada
pengobatan alternatif itu.
Dari situ, ia disarankan untuk mengonsumsi jamu yang diberikan oleh Haji
Jaya. Harga sebungkusnya Rp 25.000 untuk konsumsi satu minggu dan
kembali
lagi untuk pemeriksaan berikutnya. Selain itu perutnya juga diurut oleh
seseorang yang sudah ditentukan.
"Tapi nggak dibolehkan periksa ke dokter sebelum waktunya," ujar Hana.
Sekali lagi, karena keinginan punya anak, kecurigaan itu diabaikan.
Setelah berobat rutin, di bulan Oktober 2002 Hana pun dinyatakan hamil
oleh
Pak Haji. Dan memang benar, gejala kehamilan mulai tampak. Apa yang
dinamakan "morning sickness", mual, pusing-pusing, semua dialami Hana.
Dalam proses menjalani pengobatan itu perasaan antara senang, ragu,
gelisah
bercampur aduk. Setelah bersosialisasi dengan sesama pasien Haji Jaya,
ternyata makin banyak keganjilan yang didapatinya dengan pengobatan
alternatif milik Haji Jaya. Ada yang sudah memasuki bulan ke-18, namun
belum
ada tanda-tanda akan ada kelahiran, ada yang kandungannya sudah 9 bulan
namun tiba-tiba perutnya kempes dan mengeluarkan cairan hijau.
Suatu ketika Hana yang oleh Haji Jaya dinyatakan mengandung 8 bulan
bertemu
secara tidak sengaja di Cempaka Mas Shophouse dengan Yuni yang ternyata
sama-sama pasien Haji Jaya. Usia kandungan Yuni pada saat itu sudah 12
bulan
namun tanda-tanda kontraksi belum juga datang.
Untuk mengetahui yang sebenarnya, Hana kemudian memeriksakan
kandungannya
ke
sebuah rumah sakit untuk di-USG (ultrasonograph). Hasilnya, membuat
dirinya
panik karena ternyata tidak ada orok bayi dalam kandungannya, begitu
pula
dengan Yuni.
Kandungannya tiba-tiba hilang dan perutnya kempes begitu saja. Tangis
dan
linangan air mata tidak cukup untuk menyesalinya saja. Jamu yang
diberikan
Haji Jaya kemudian dibawa ke sebuah laboratorium untuk diperiksa
kandungannya.
Ternyata, dari hasil pemeriksaan menunjukkan dari 12 unsur yang terdapat
dalam jamu itu 11 unsur me-ngandung penambah nafsu makan dan pembesaran
usus. Satu unsur lainnya tidak dapat dijelaskan oleh pihak laboratorium.
"Bagaimana mau mengukur usianya kalau bayinya tidak ada di rahim. Sama
sekali tidak ada detak jantung, tapi setelah diperiksa mereka nggak
datang
lagi," ujar seorang suster kepada SH.
Menurut keterangan suster tersebut, almarhum Dokter Sarkun yang pernah
menangani salah satu pasien Haji Jaya mengatakan unsur yang terdapat di
dalam jamu yang diberikan oleh Haji Jaya adalah gabungan unsur-unsur
yang
dapat menyebabkan nafsu makan bertambah, membuat mual-mual, pusing dan
menghentikan mens.
Kesemua unsur itu mewakili apa yang dirasakan seorang wanita pada saat
hamil. "Ibu bodoh mau dibodoh-bodohin. Kalau hamil pasti diketahui
melalui
alat ini (USG)," kata suster tersebut menirukan Dr. Sarkun saat itu.
Selain itu, Dr. Rina juga mengaku sudah mendapatkan beberapa pasien dari
Haji Jaya yang juga datang hanya untuk USG dan hasilnya juga sama,
kosong.
Namun anehnya, anjuran kepada pasien untuk tidak meneruskan pengobatan
kepada Haji Jaya tidak pernah ditanggapi oleh para pasien.
"Kalau masalah ini urusan saya dengan Tuhan saja dokter," ujar Dr Rina
mengulang ucapan sang pasien.

Praktik di Warung Jamu
Pengamatan SH, lokasi praktik Haji Jaya dilakukan di sebuah warung
kelontong
di lahan bengkel mobil di Jalan Tipar, pertigaan Jalan Raya
Bobor-Cibubur.
Antrean ibu-ibu "hamil"yang memakai rok (salah satu syarat-red) memadati
halaman bengkel itu.
Sementara itu, Pak Haji duduk dengan santai seraya sesekali kacang dan
buah
kelengkeng yang berada di hadapannya dilahapnya. "Ibu sudah berapa
kali.udah
ada tandanya kan? Sana urut lagi," katanya kepada salah satu pasien
sambil
memegang tangan seolah-olah meraba-raba nadi si pasien.
Praktik pengobatan alternatif milik Haji Jaya menurut salah satu
karyawan
bengkel yang ditemui SH mengatakan sudah dibuka sejak tiga tahun lalu
yang
dilakukan setiap hari kecuali pada hari Kamis dan dilaksanakan di dua
tempat.
Tempat pertama di bengkel tersebut yang dimulai dari jam 15.00 WIB
hingga
21.00 WIB. Bagi pasien yang ingin diperiksa malam juga dibuka tidak jauh
dari tempat itu tepatnya di sebuah warung jamu "Jaya Mutajab" di Jalan
Raya
Bogor Km 27, mulai pukul 21.00 WIB sampai 02.00 WIB.
Percaya tidak percaya, pasien yang datang kepada Pak Haji menganggap
keberadaannya sebagai petunjuk dari Tuhan atas permasalahan pelik yang
selama ini tidak ada solusi untuk mengatasinya. Pasangan Ibu dan Bapak
Sitorus misalnya, tanpa mengecilkan arti kebahagiannya, pasangan ini
menganggap Haji Jaya adalah bantuan dari Tuhan kepada mereka