fyi.........

----- Original Message -----
From: "[EMAIL PROTECTED]" <[EMAIL PROTECTED]>
To: "badepok" <[EMAIL PROTECTED]>
Sent: Thursday, December 30, 2004 11:31 AM
Subject: [BA-depok] Fw: =ACEH UPDATE - Kesulitan Mencapai Meulaboh

> fyi..........

menerjemahkan informasi dari Aceh ke dalam Bahasa Inggris. Terima kasih.
Beberapa teman sudah memperoleh tugas, namun masih banyak yang belum. Kini
kami justru tersendat mengumpulkan informasi dari lapangan, khususnya
Meulaboh.

> Ada beberapa kesulitan yang kami hadapi:
>
> 1. Pesawat yang sedianya membawa tim telekomunikasi tadi malam, tertunda
24 jam keberangkatan, menjadi nanti malam. Itupun kalau tak tertunda lagi.
Seperti kita tahu traffic Bandara Halim Perdanakusumah - Polonia - Banda
Aceh sangat padat. Padahal pesawat itu pun harus menjalani rute Halim -
Kuala Lumpur - Banda Aceh.

> 2. Kami inginnya berangkat langsung ke Medan, dan kemarin kami harus
menunda permintaan pesawat kecil dari Medan - Meulaboh yang sebenarnya sudah
dipersiapkan Uni Lubis (TV7). Keinginan ke Medan terbentur oleh keinginan
Tim Kesra-Blora Center yang memprioritaskan peralatan telekomunikasi ke
Banda Aceh dan Lhokseumawe. Padahal, menurut saya, listrik dan
telekomunikasi di Banda Aceh - Lhokseumawe sudah mulai membaik meski mungkin
masih minimal. Meulaboh masih blank sama sekali. Namun, saya belum berhasil
meyakinkan tim untuk memprioritaskan Meulaboh.

> 3. Keberangkatan malam ini mungkin masih tertunda jika Presiden Susilo
Bambang Yudhoyono berkeras bertahun baru di Meulaboh seperti yang saya
dengar. Pengurusan perjalanan presiden akan mengalahkan banyak hal,
prioritas perjalanan dan sumber daya birokrasi. Padahal, kalau dia masuk
Meulaboh, tak akan banyak bisa dia lakukan, kecuali hanya menunjukkan
simpati dan disorot televisi.

> 4. Jikapun tim kami bisa mencapai Medan, ada kesulitan yang menghadang.
Menurut informasi yang kami terima, terbang ke Meulaboh harus ada clearance
dari militer. Alasannya, "masih banyak GAM ada di sana". Jika informasi ini
benar, dan tolong teman-teman wartawan lain melakukan konfirmasi, saya kira
inilah masalah utama kita sejak Day One (hari pertama bencana). Darurat
sipil adalah faktor terpenting yang menghambat pertolongan kepada para
korban yang selamat, hingga hari ini, hari kelima.

> 5. Wakil Presiden Jusuf Kalla sudah menyatakan itu daerah terbuka bagi
siapapun. Namun, bahkan jika itu benar, keputusan pemerintah ini belum
sampai level bawah. Saya menghimbau, please, please, please, Presiden
Yudhoyono atau Panglima TNI untuk men-declare secara terbuka dan
sekeras-kerasnya kepada publik Indonesia dan dunia bahwa darurat sipil sudah
dicabut dan tidak ada lagi persoalan dengan itu.

> 6. Ketakutan masih adanya GAM, bahkan jika masuk akal, menghambat arus
sukarelawan ke situ. Menurut informasi yang kami peroleh dari anggota DPR RI
yang berkunjung ke Aceh dua hari menjelang bencana, Kapolda/Pangdam setempat
melaporkan hanya 4 dari 21 kabupaten di Aceh yang dianggap rawan GAM. Empat
kabupaten itu memang hampir semua berada di Aceh Barat, Meulaboh dan
sekitarnya, yang terkena dampak terparah tsunami ini. Baik TNI/Brimob maupun
GAM yang bermarkas di situ sangat besar kemungkinan meninggal semuanya. Jika
pun selamat, melihat skala kerusakan dan tragedi yang ada, saya yakin meraka
akan berangkul-rangkulan melupakan kebencian satu sama lain. Ketakutan
adanya GAM adalah ilusi orang-orang Jakarta/Medan.

> Sementara itu dulu. Sekali lagi terima kasih telah bersedia mendaftar
sebagai penerjemah. Nama Anda sudah kami catat, demikian pula email dan
nomor kontak. Namun, kini kami memprioritaskan usaha agar tim kami bisa
masuk ke Meulaboh dan men-setup alat komunikasi di sana.