Dari milis sebelah....

             -----Ursprüngliche Nachricht-----
             Von: Listy
             Gesendet: Do 13.01.2005 08:53
             An: > Untuk Anda (E-mail)
             Betreff: Puisi H Rosihan Anwar: Aku Tidak Malu Jadi Orang
Indonesia

             Aku Tidak Malu Jadi Orang Indonesia

             H Rosihan Anwar

             Aku tidak malu jadi orang Indonesia ...

             Biar orang bilang apa saja, biar, biar ...

             Indonesia negara paling korup di dunia

             Indonesia negara gagal

             Indonesia negara lemah

             Indonesia melanggar HAM

             Elite Indonesia serakah harta dan kekuasaan

             Presiden-presiden Indonesia dilecehkan humoris

             Dengarlah, Bung Karno dimanfaatkan komunis

             Pak Harto dimanfaatkan putra-putrinya

             Habibie dimanfaatkan konco-konconya

             Gus Dur dimanfaatkan tukang pijitnya

             Megawati dimanfaatkan suaminya

             Catatlah, Bung Karno menciptakan keamanan dan persatuan bangsa

             Pak Harto menciptakan kemakmuran bangsa dan keluarganya

             Habibie menciptakan demonstrasi

             Gus Dur menciptakan partai kebangkitan bangsa

             Megawati menciptakan kenaikan-kenaikan harga

             Alah mak, Bung Karno turun dari presiden karena Supersemar

             Pak Harto turun dari presiden karena superdemo

             Habibie turun dari presiden karena supertransisi

             Gus Dur turun dari presiden karena superskandal

             Megawati turun-temurun jadi presiden

             Maka Anda tahu sekarang kenapa

             Aku tidak malu jadi orang Indonesia

             Indonesia punya istilah-istilah khas di dunia korupsi

             Ada ahli gizi yang Nurcholis Madjid tidak mampu penuhi

             Ada istilah angpao untuk uang atensi

             Ada amplop untuk bikin kocek tebal berisi

             Ada saweran duit untuk membayar pengacara hitam dan menyuap
aparat hukum

             Ada prosedur untuk menilep uang rakyat dan institusi dilakukan
beramai-ramai oleh gubernur, bupati, walikota, anggota DPRD dan DPR

             Ada tren yang kuat menguasai kaum koruptor

             Simaklah sejarah bangsa dan Tanah Air

             Semenjak dulu zaman kompeni

             Pegawai VOC kirim laporan Kepada Heren Zeventien di Tanah
Wolanda

             Elke Regent Heeft zijn Chinees

             Tiap Bupati punya orang Cinanya

             Maknanya jelas pejabat feodal dihidupi pedagang Cina

             Syahdan, Susuhunan Amangkurat II dari Mataram

             Mengutus misi sembilan duta ke Batavia

             Minta kepada Bapak Kompeni

             Agar dikirimi cinderamata

             Mulai dari ayam Belanda, kuda Persia hingga gadis Makassar

             Jangan lupa putri Cina untuk jadi selir Raja

             Kraton Kartasura menebar bau korupsi, seks dan duit

             Ditambah intrik-intrik kalangan pangeran

             Bagaimana kerajaan tidak akan binasa?

             Itulah warisan sejarah dari generasi ke generasi

             Sehingga yang tampak kini di bumi persada Pertiwi

             Adalah kiriman genetik kepada kita semua

             Anda dan aku tidak terlepas dari hukumnya

             Maka Anda tahu sekarang kenapa

             Aku tidak malu jadi orang Indonesia

             Sebab memang begitulah nasibku

             Kismet, kata orang bijak-bestari

             Korupsi adalah sejenis vampir

             Makhluk halus bangkit kembali dari kubur

             Kemudian keluar pada malam hari

             Dan mengisap darah manusia yang sedang tidur

             Di layar film Hollywood wujudnya adalah Count Dracula yang
bertaring

             Diperankan aktor Bela Lugosi

             Vampir yang hilang kesaktiannya bila terkena sinar matahari

             Akan tetapi drakula-drakula Indonesia tetap perkasa

             Beroperasi 24 jam, ya malam ya siang mencari korban

             Sehingga sia-sialah aksi melawan korupsi membasmi drakula

             Yang telah merasuki rongga dan jiwa aparat negara

             Yang membuat media memberitakan

             Akibat bisnis keluarga pejabat, Tutut-Tutut baru bermunculan.

             Aku orang terpasung dalam terungku kaum penjarah harta negara

             Akan aneh bila berkata aku malu jadi orang Indonesia

             Sorry ya, Aku tidak malu jadi orang Indonesia

             Kuhibur diri dengan sajakku magnus opus karya sang Empu

             Sajak pendek yang berbunyi:

             Katakan beta

             Manatah batas

             Antar gila Dengan waras

             Sorry ya, inilah puisiku melawan korupsi

             Siapa takut?

             Penulis adalah seorang wartawan senior

             (Dibacakan pada acara Deklamasi Puisi di Gedung Da'wah
Muhammadiyah di Jakarta, 31 Desember 2004. Juga dibacakan dalam acara
pertemuan keluarga wartawan senior di rumah penulis pada tanggal 9 Januari
2005, di Jakarta)
             http://www.suarapembaruan.com/News/2005/01/12/index.html

             =====
             ---------
             A WINNER works harder than a loser and has more time.
             A LOSER is always "too busy" to do what is necessary.
             Tired of spam?  Yahoo! Mail has the best spam protection
around