From: Nevia [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Sent: Monday, 17 January, 2005 9:33 AM
To: Dini Febrina; balita-anda@balita-anda.com
Subject: [balita-anda] Re: Tanya: Speech Therapy

Mbak Dini & Mbak Melisa,

Sampe sekarang (24 bln), putra saya Aurel bisa ngomong kata2 yg jelas baru
mama, ayah, jatuh, imah (pengasuhnya), bobo',pipis...yg laennya
disingkat2...iik (bab),pesa (pesawat),mbil (mobil), gi (manggil
adeknya)....dll.
Menurut buku utk anak usia 24 bln harusnya sudah mampu 50 kosa kata juga
udah mampu merangkai dua kata (cmiiw)...
Semua perintah dia tau (disuruh naruh baju kotor, gelas bekas minum dll),
pipis juga udah bisa sendiri kalo mo bab dia juga ngomong pake bahasanya
dia (iik..).
Kemampuan motorik kasar/halus tidak ada yg terlambat....cenderung aktif...

Karena dari hasil test THT & syaraf juga perkembangan laennya yg ok, kata
dsa-nya kemungkinan keterlambatan bicaranya karena si anak tidak bisa
konsentrasi dan kurang stimulasi (apakah hiperaktif??? Dokter blm bisa
mengkategorikan apakah anak saya hiperaktif or nggak. Makanya disuruh
terapi dulu, diharapkan dgn terapi wicara akan ada perubahan).
Kalo' kemungkinan autis, dsa bilang nggak, karna interaksi dgn orang laen
dia OK (komunikasi dua arah, bersalaman, maen ama2 anak2 laen, dll)
Sementara ini putra saya udah saya masukkan playgroup...biar dia bisa
ketemu anak2 sebayanya (dirumah duman ama nenek, kakek, pengasuh),
harapannya kalo' ketemu temen2nya dia akan terstimulasi utk ngomong...

Faktor keturunan?? Ada kemungkinan juga (saya baru bisa ngomong juga 2.5
thn), tapi daripada terlambat makanya saya mo ngikuti saran dokter utk
terapi wicara...
Kata orang tua anak yg cepet jalan (putra saya bisa jalan umur 9 bln)
ngomongnya lambat.
Tapi itu kan masih mitos (blm dipastikan kebenarannya).

Wah jadi panjang lebar critanya...
So kalo' ada info soal ini please sharingnya ya moms/dads..

Nevia