Saran aja mbak, anakku juga gitu, maunya ASI melulu (umurnya waktu itu seumur
anak adiknya mbak juga).   Mungkin karena kebanyakan netek, jadi kekenyangan
kosong (puas netek tp gak kenyang) dia gak mau makan, apalagi minum susu
formula. BBnya jg kurang. Dokter nyaranin ASInya dikurangi dan mulai dikenalkan
dg susu formula.  Emang susah juga nyari susu formula yg cocok dg dia.  Ya..
cobain aja satu2 deh.. dia suka ama yg mana.

Memang awalnya sulit, tp pelan2 bisa juga.  Pada awal pengenalan, harus orang
lain yg ngasih susu formulanya, gak bisa saya.. soalnya kalo ada saya.. dia
pasti sibuk aja ngomong.. mama.. num.. mama mimik... mama num.. mama mimik.....
lah.. ibu mana yg gak luluh denger anaknya ngomong gitu sambil
memelas...hehehe...

Ohya.. saya juga manipulasi juga sih, saya sering nyampurin susu di jusnya dia
dan sering juga saya kasih ice cream atau keju.  Kan sama aja toh... sama2
sumber kalsium.  (menurut dokter saya anak diatas 1 th gak selalu susu dalam
bentuk susu; dan susu juga hanya sebagai pelengkap bukan makanan utama....)...
BB anak saya pun pelan2 meningkat... dia juga masih ASI sampai sekarang....tp
dibatasi malam saja.....

moga2 membantu ya...

Yenni Afrianti <[EMAIL PROTECTED]> wrote: Sebenarnya yang dikhawatirkan bila
hamil sambil menyusui memang
kontraksi, kadang2 DSOG memberikan obat penguat bagi ibunya. Oya kalau
khawatir kontraksi, ASInya bisa di pompa dan diberikan pakai sendok,
mungkin cara ini akan lebih aman ketimbang anaknya menghisap
langsung.Tapi sebaiknya memang pelan2 ASInya diberhentikan, karena
kasihan ibunya juga. Selain itu yang paling penting bila ingin tetap
memberikan ASI, gizi ibunya harus cukup.

Untuk mengetahui anaknya suka susu formula apa, sebaiknya berikan
beberapa macam susu, kalau saya pribadi sebagai muslim, yang paling
penting dalam memilih susu formula harus ada label halalnya. Biar lebih
irit beli aja yang kemasan kardus mbak, banyak pilihan kan buat anak
diatas 1 thn, kalau memang ga mau ngedot bisa disendokin aja. Pengalaman
ga mau ngedot Nabil anak keduaku juga ga mau sejak masih bayi, jadinya
disendokin terus, memang lebih repot sih....tapi alhamdulillah ga
bermasalah dengan makannya.

Okd semoga membantu ya.............

Mamanya Naufal-Nabil-Nadhif