Dear Mbak Nor

Taun lalu saya melahirkan kasusnya jg seperti itu. Perawatan
intensifnya 12 hari, dg 10 hr menggunakan ventilator dan bantuan
oxigen (yg diturunkan persentasenya stp hari). 2 hari kemudian
menggunakan head box, dan selanjutnya seminggu tinggal di zaal biasa
(ditunggui o/ kami orang tuanya).

Masalahnya, kondisi stp anak kan laen2, apalagi ni bayi baru lahir.
Seingat saya, yg dialami anak saya adalah sbb. :
1 hari --> dia puasa
3 hari kemudian --> infus glukosa 5-10%
3 hari selanjutnya --> infus protein
selanjutnya setiap 3 jam diberi susu formula mulai dari 5 ml, dan
meningkat stp harinya. Setelah bisa mimik 50 ml stp 3 jam, baru dia
boleh plg.

Naaah, kalo ketelen aer ketuban biasanya terjd infeksi pada paru2 en
lambung. Dan berdasarkan mekanisme tubuh, lambung adalah organ tubuh
dg prioritas penyembuhan terakhir. Jd gak salah kalo dia bisa nerima
mimiknya bertahap.
Dan selama di rumah sakit, sebelum diberi mimik kita periksa retensi
lambungnya (sisa susu di lambung). Apakah penyerapan susunya sempurna
atau enggak. Biasanya kalo kurang dr 10% masih dianggap normal.
Caranya lewat selang di idungnya itu, pake alat suntik tanpa jarum.
Oh ya, anak saya sampai 2 minggu masih mimik pake selang di hidung.
selanjutnya lewat pipet krn gak bisa 'ngisep'. Baru setelah 3 minggu
dia bisa mimik langsung dr 'pabriknya'.

Hanya Mbak, beda RS kan beda penanganannya, soalnya DSA nya jg beda.
Ini sih cuman curhat aja Mbak. Maaf kalo gak membantu.

-- Heni --