mba wanda...

----- Original Message -----
From: "Wanda Manoppo (HRD, AGS-HO)" <[EMAIL PROTECTED]>
To: <balita-anda@balita-anda.com>
Sent: Monday, February 07, 2005 1:47 PM
Subject: RE: [balita-anda] nebulizer was Boleh Nggak....Mucopex Drop...

> Mba, aku sempet ngambil ilmu ttg teknik inhalasi....
> waktu salma ama daffa di - inhalasi , selesai kegiatan uap, mereka di
tepuk
> dg telapak tangan yg agak di bungkukkan...
> aku coba tepuk ke punggung ama dada nya sekalian pas jemur daffa...

iya aku biasanya pake tehnik begitu juga kalau reva lagi ngambek ga mau
inhalasi dan kebetulan ada matahari

> apa ini bisa bantu juga mba....?
> oia, kompres anak yg demam bisa dg air hangat / dingin.....?

©       Manusia adalah mahluk Homothermal - maksudnya, tubuh kita mempunyai
pusat pengatur suhu di otak yg mengatur agar suhu tubuh 37°C. Mekanisme
pengaturan ini sangat canggih. Sebagai contoh, kalau suhu di luar panas,
maka sensasi ini akan ditangkap oleh ujung2 syaraf kita, informasinya dibawa
ke otak, lalu otak memerintahkan tubuh untuk menurunkan suhu (agar tidak
"heat stroke") dengan cara berkeringat, pembuluh darah melebar (kulit kita
tampak kemerahan). Bila suhu diluar dingin, otak menisntruksikan tubuh kita
untuk memproduksi panas agar tdk kedinginan, caranya dg menggigil, pembuluh
darah diciutkan (kita tampak pucat). Oleh karena itu, kompres pada anak
panas harus AIR HANGAT.

> en nambah lagi, daffa kok BAB nya cair kuning / coklat tua ( efek obat
sisa
> RS waktu muntaber ), tp kayaknya ada slam pileknya......
> gimana yah...?

mekanisme pembuangan lendir/slem pada anak ada 2
1. melalui batuk dikeluarkan bersamaan muntah
2. melalui batuk kemudian ditelan dikeluarkan bersama BAB/tinja

efek obat? mungkin aja
emang obatnya apa waktu muntaber?