Dear mba kiki,

Aku juga dulu begitu, waktu minum hemobion langsung BAB ku keras dan
menghitam. Menurut dokter dan ibu ku yang mengetahui juga soal obat2an,.
...hal tsb tidak akan mempengaruhi ke janin.

Mungkin yang dimaksud mba mempengaruhi janin adalah kalau kita BAB keras kan
otomatis cara kita mengejan ( atau mengeden gitu kali ya bahasa
nya...eheheh) pasti akan dengan sekuat tenaga juga kan?...nah...ini yang
dikhawatirkan oleh dokter. Kalau kita mengejan terlampau keras karena BAB
keras, maka kemungkinan dan ditakutkan akan terjadi kontraksi dini...dan
menyebabkan janin lahir lebih dini ...begitu....

Jadi, saranku, kalau mba merasa harus susah payah untuk mengejan pada saat
BAB lebih baik segera bilang ke dsog-nya mba biasanya pasti diberikan obat
pengencernya atau kalau aku dulu waktu hamil, makan papaya atau buah2an dan
sayuran seperti bayam setiap hari. Jadi, BAB gara2 hemobion ngga begitu
keras lagi. Atau, cara ku yang lain adalah, aku minum hemobion 2 hari sekali
untuk menghindari BAB keras dan menghitam tsb. Dari selang seling hemobion
itu aku minum folamil (kata ibu ku ini juga banyak mengandung zat besi).

Tapi untuk warna BAB yang menghitam, sekali lagi itu merupakan hal yang
biasa. Maklum lah banyak mengandung zat besi.

Semoga membantu ya mba dan semoga kehamilannya berjalan dengan lancar. Amin.

Cheers,
astrid