Dear Mbak Tika,

Yang aku tau obat tradisional buat gondongan yaitu : belau/belao (banyak dijual
di pasar yang warnanya biru, satu kotak ada beberapa bungkus kecil, untuk
mencuci) dengan cuka dapur.
Caranya : belau secukupnya dicampur dengan cuka sampai cair tapi cukup kental
buat dioles di gondongan (dioles sampai menutupi semua daerah yang sakit)
semacam dikompres.
Katanya efek dari cuka dan belau ini akan mempercepat gondongan mengecil,
mengurangi sakit sehingga cepat sembuh.
Hal ini banyak dilakukan di daerahku dan aku juga semasa kecil pake obat
tradisional itu. Memang baunya kurang sedap tapi asal gondongannya cepat
sembuh, itu kan yang dicari...
Mungkin bisa dicoba, salah satu masukan aja dari aku.
Semoga keponakan Mbak cepat sembuh.

Rgds,
Sera

Tika <[EMAIL PROTECTED]> wrote:mom's ada yang tau tentang gondongan ga?
ponakan sy umur 5 th lg gondongan nich!
trus ada yg tau obatnya ga?
itu akibat virus ya

please....