bisa juga dicoba ke dokter spesialis paru Dr. Rasyid Piaraah, praktek di klinik
bina waluya ps rebo (dulu dokternya praktek di rs ps rebo), rs harapan bunda ps
rebo & rs yadika pdk bambu ... dokternya baik,  kayak dosen setiap dateng pasti
dia bikin kayak coret2 dikertas (ngejelasin mengenai penyakitnya) ...

Rifa <[EMAIL PROTECTED]> wrote: mantoux bukan imunisasi melainkan salah satu
tes yg di gunakan untuk
mendiagnose tbc.
flek. saat ini dokter suka samar mengatakan flek untuk aliasnya tbc.
penentuan tertular/ menderita tbc tidaklah mudah di perlukan bbrp rangkaian
tes. spt mantoux, tes darah, rongent. dan dilihat juga behaviour anaknya.
menginggat udara jakarta yg amat sangat kotor, tak tertutup kemungkinan paru
kita ini banyak fleknya. jadi bukan setiap flek itu tbc. dan perlu di obati
dengan obat2 tbc yang membutuhkan waktu 2 - 6 bulan dan dengan pengobatan
yang benar.
kalo gak salah obat2 tbc itu gabungan 3 macam antibiotik
so...... kalo belum pasti tbc jangan dech.. kasian anaknya tubuhnya harus
menerima racun yg sebenarnya gak perlu. dan ketika pada suatu saat memang
obat2 tsb di perlukan, tubuhnya sudah kebal shg di perlukan obat2 yg
dosisnya lebih besar lagi.
kalo mo 2nd opinion bisa ke dr. bambang s. belio ini dsa spesialis paru. dan
insya allah hati2 dalam menentukan apakah seorang anak terkena tbc ato tidak
dr bambang ini praktek di rscm, hermina (yg saya tau depok dan jati negara)
juga bisa kerumahnya telp : 74704771.

rgrd
rifa