dear moms and dads...

aku mo sharing cerita dikit aja nih mengenai pengalaman pribadinya
yana yulio (penyanyi elfa's singer) dalam mengasuh anak2nya dengan
istri.

gini, critanya aku kemarin sabtu ikutan seminar singkat "Mempersiapkan
Anak Cerdas di Masa Datang" kalo gak salah temanya, sponsornya Gain
Plus. di hotel Kempinsky Jkt. dan dari majalah Parents Guide.  (Btw
ada gak parents BA yg ikutan juga yaa..? kalo tau jd ketemuan deh)...

ada pengalaman menarik dari bintang tamu Yana Yulio ttg mengasuh
anak2nya (saat ini akan punya anak ke 3). Yaitu terjadi pada anak
pertamanya (3,5 th) sempat diduga dan diikhawatirkan mengalami autis,
karena sampai dengan umur 2,5 th belum juga bisa bicara.

namun setelah dikonsultasikan ke ahlinya (dr terapi) ternyata
disebabkan kondisi lingkungannya (yana dan Istri) kalo berbicara yg
halus dan pelan bahkan berkesan agak bisik2... sang istri Yana aja
kalo stp nawarin makan selalu pake "punten... papa mau makan apa...?"
sehingga dideteksi si anak mengalami "Speech delay" dan
alhamdulillahnya bukan autis... dengan diterapinya si anak, mk saat
ini sdh dapat berbicara dengan baik....
dan sbg info dr dokter ahli terapinya itu, untungnya msh belum
melewati usia 3 th yg akan lbh sulit utk dilakukannya terapi.

lalu disarankan ke para parents yg hadir saat itu, agar menstimulasi
si anak dengan banyak bicara dan agak keras dikit (asal jgn teriak2
juga kali ya...) agar suara2 ucapan kita dpt terdengar dgn baik oleh
si anak...

knp saya sharing mengenai hal ini krn saya juga memiliki kondisi yg
sama dgn yana dan istri.....
aku dan suami msh numpang di rumah ortuku, jadi kita di kamar,
ngomong2 di kamar  seperlunya (utk hal2 yg lbh serius biasanya aku dan
suami ngobrol di teras, malam sebelum tidur setelah salma tidur)  dan
dengan suara yg relatif lbh pelan kalo berbicara.... (untungnya salma
msh usia 7 bln, jd blm terlalu jauh utk dikhawatirkan)
maka hal ini akan menjadi koreksi dini utk aku dan suami utk lbh
sering ajak bicara dan stimulasi si kecil dgn bicara lbh kenceng dr
biasanya....

maaf ya parents... bagi yg kurang berkenan.. cuma sekedar bagi2 cerita
aja dan sori kalo kepanjangan...

--
Mommy Salma
Farah Fitri