Hallo Mbak Ema,

Sama, Mike juga gitu, waktu dia 8 bulan dia udah mulai tertarik ama
penisnya (maaf), jadi, ya persis spt kejadian ama Agam. Tiap kali ganti
celana atau mau mandi/abis mandi (sebelum pake pampers/celana), pasti
dia pegang2 penisnya. Saya juga selalu mencoba mengalihkan perhatiannya
dgn memberikan mainan yang lain dan mengusahakan kedua tangannya penuh
ama mainan yang lain, jadi tidak terfokus pada penisnya.

Saat ini sih Mike (10 bln) untungnya udah ngak pernah mainin penisnya
lagi. Meskipun dia masih suka nunduk2 ke bawah, spt mau liat sesuatu,
tapi langsung saya kasih mainan lain.

Kalau Moms/Dads ada yang langganan majalah Parents Guide (sorry bukan
promosi), disitu pernah dibahas mengenai anak balita yang punya
kebiasaan memegang kelaminnya (sorry, saya lupa edisi bulan apa). Saran
dari dokter di majalah itu, ya memang harus dialihkan ke tempat lain,
jadi jangan dibiarin, soalnya nanti jadi kebiasaan dan kalo udah gede
tambah susah menghilangkan kebiasaan itu.

Kalo mbak Ema, pengen liat artikelnya, nanti saya carikan deh.

Regards,
Carolline Silka Wibowo
Mike's Mom
http://www.babiesonline.com/babies/m/mymike/