From:   "intan dima" <[EMAIL PROTECTED]
Date:   Tue, 25 Jan 2005 10:44:48 +0700
Subject:        Re: Q : Finafluor bisa cegah gigi keropos ???
mbak, menurut ibuku (dokter gigi), finafluor itu
fungsinya untuk menguatkan gigi dan juga supaya gigi
tetap putih. tapi, kalau mengkonsumsi finafluor, mbak
kudu extra untuk perawatan gigi anak mbak.... karena
kalau terlalu banyak konsumsi finafluor (yg
sebenenrnya tidak perlu dikonsumsi buat bayi), gigi
bisa berbercak abu2....
finafluor ini diberikan jika gigi bayi/anak sudah
etrbukti keropos.. gigi keropos pada bayi bisa
diakibatkan oleh kurangnya si ibu mengkonsumsi kalsium
saat hamil....
jadi mbak, kalau gigi Kavin tidak ada tanda2 keropos
ya gak perlu konsumsi
fina fluor..... cukup dijaga kebersihannya....
nge-dot, makan coklat, dll  bukan penyebab gigi
keropos.... yg bikin gigi keropos adalah sehabis makan
coklat (dan semua makanan lainnya) tidak sikat gigi
sampai keesokan harinya.....

------------------------------
Hehehe....mbak, sebaiknya ga usah dikasi vitamin
macem2, alhamdulillah Nadhif ga dikasi vitamin,
pertumbuhannya juga OK, sekarang usia 7 bln, BB 8,8,
udah tumbuh 2 gigi dan udah bisa merankak, dan berdiri
dengan pegangan. Kadang tergantung DSAnya mbak, kalau
DSA banyak pesen sponsor pasti banyak kasi vitamin
atau lain2nya. Dulu sama DSA yang lain Nadhif pernah
diresepkan prolacta for baby, tapi saya ga tebus dan
memang
setelah konsul dengan dr. Hanifah Oswari beliau juga
ga merekomendasikan, menurut blio bayi ga perlu dikasi
vitamin macem2 kalau memang pertumbuhannya dan nafsu
makannya bagus. Bahkan kalau aku tanya susu yang baik
apa, blio bilang semua susu bagus, yang penting
anaknya cocok. Beda banget ama DSA sebelumnya,
menurutnya sebaiknya dikasi susu A, hehehe......dan
memang sih pas mau selesai praktek, tuh salesman obat
udah pada ngantri mau ketemu DSAnya :-)

Mamanya Naufal-Nabil-Nadhif

Setuju dengan uminya Dillla.
Waktu itu DSA anakku yagn pertama juga ngasih
vinafluor tapi nggak aku tebus. Anak saya nggak pake
Vinafluor, tumbuh koq giginya. Lagipula kalo terlalu
banyak fluor, nanti gigi susunya nggak mau copot,
nanti malah harus dicabut bikin repot lagi. Jadi nggak
usah aja!
DSAnya Kavin, mirip banget ya ama DSA yang pertama
anakku (aku dah ganti DSA, abis sebel sih) . Seneng
banget ngasih vitamin. Ini berarti DSAnya kerja sama
ama distributor vitaminnya erat banget hehehehe. Buat
setiap obat atau vitamin yang diresepkan atau dibeli
pasien, si dokter dapet komisi. Nggak pernah tuh aku
tebus resep vitaminnya. Kalo makanannya udah penuh
gizi, ngapain lagi dikasih vitamin. Temenku yang
seorang dokter pernah bilang vitamin pun mengandung
banyak efek samping. Kesimpulannya sekali
lagi nggak usah aja.
Lagipula pertumbuhan Kavin oke banget ya :)

Salam
Yuli
ibunya Ezra

 --------------------------------------
[EMAIL PROTECTED] wrote:
Dear Mamanya Kavin,

Kalau yang saya dapat dari milis sebelah yang ada
dsa-nya, beliau tidak recomend vitamin finafluor ini.
Katanya banyak efek sampingnya.  Karena saya sempet
khawatir juga Dilla (14 bln) yang sampe 11 bln belum
tumbuh gigi. Tapi pas 1 tahun kemarin, giginya udah
nongol 2. Jadi ya saya gak jadi deh mo ngasih
macem-macem ke Dilla, paling saya lebih sering kasih
dia stimulasi buat gigit-gigit. Meskipun giginya baru
2 tapi sejak umur setahun Dilla udah gak mau lagi
makan nasi tim, udah mulai makan makanan keluarga
(kecuali sambel).
Maaf kalo kurang membantu.

Salam,
Umminya Dilla
www.babiesonline.com/babies/d/dilla

------------
dear Mama Kavin,

Aku punya jawaban konsultasi tentang vinaflour dari
salah satu drg di Malang, iin aku copy pastein,

Mengenai fluor, memang tidak mudah untuk
mengaplikasikan fluor secara langsung. Karena
kelebihan fluor satu, memang bisa menimbulkan
fluorosis, gigi menjadi kecoklatan (bukan rapuh, tetap
kuat tapi kecoklatan) dan kedua memang ada penelitian
bahwa dalam masa pertumbuhan, kebanyakan fluor dapat
mengganggu pembentukan struktur gigi tetap menjadi
lebih rapuh. Jadi saat pembentukan struktur gigi, itu
tidak boleh kebanyakan fluor.Yang menjadi sulit,
adalah mengukur berapa banyak seseorang mengkonsumsi
fluor. Air minum seandainya di ambil dari tanah, itu
kadarnya sangat bervariasi. Di daerah A kebanyakan
fluor (sehingga gigi orang-orang di daerah itu coklat
semua), di daerah B, itu fluornya kurang, sehingga
masyarakatnya mudah mengalami gigi berlubang. Kalau
air PAM, kurang lebih memang ada fluornya walau kecil,
yang perlu diwaspadai justru air dalam kemasan, bila
itu air murni yang sudah disaring, maka pemberian
mineral tanpa memasukkan fluor ke dalamnya membuat air
minum kemasan tidak mengandung fluor (tapi perlu
diperiksa untk memastikannya).
Kita selaku dokter gigi paling hanya bisa
mengira-ngira, dengan melihat keadaan klinis seorang
anak, apakah anak ini membutuhkan fluor atau tidak.
Apabila kebanyakan fluor yang tertelan (artinya
sistemik, bisa berbahaya), namun jika secara topikal
(dengan sikat gigi) tertinggal hanya di gigi,tidak
apa-apa. Hanya beberapa dosen saya sangat menganjurkan
pada anak-anak yang belum bisa kumur-kumur dan
membuangnya dengan baik, jangan dikasih pasta gigi
mengandung fluor, karena kalau tertelan kebanyakan
bisa merugikan. Ibu Rita mungkin bisa mengira2
seberapa sering anak ibu sikat gigi, minum air putih
dari air kemasan atau air pam atau air sumur, dan
kalau mau aman, bisa saja tablet vinafluor diminum
satu tablet satu kali seminggu untuk mencegah
kebanyakan fluor. Saat ini ada penelitian yang
mengungkapkan fluor itu bisa diganti dengan casein
(dari kepala susu) yang dioleskan pada gigi. Calsium
tinggi yang terdapat didalamnya bisa memperkuat gigi,
namun efek berlebihnya tidak sebahaya fluor. Sudah ada
terjual ke dokter gigi tapi (keluaran dari GC, namanya
tooth mouse), barangkali tidak ke masyarakat langsung,
mahal karena satu tube, harganya sekitar 80rb.
Demikian ya Ibu Rita, senang berdiskusi dengan Ibu.
Seandainya Ibu
bertanya lagi, saya persilahkan namun saya jawab
minggu depan tidak apa2 ya.
Salam manis.
Drg C.Maulani

saya juga pernah konsultasi dengan drg yang pernah
berkunjung ke sekolah Domi, ini jawabannya mengenai
vinaflour, vina fluor berisi natriumfluorida, semua
garam mineral ini diperlukan gigi untuk mendapatkan
kekuatan & kekerasan yang max pd gigi, Teori terakhir
disebutkan pemakaian fluor secara sistemik harus hati2
lebih efektif aplikasinya dilakukan secara topikal.
menurut literatur,dosis untuk anak usia 4 tahun ke
atas agar gigi dpt bertahan thd kerusakan adalah 1
mgr. sampai saat ini masih banyak pro kontra thd
pemakaian fluor secara sistemik
Mengenai vinafluor rasanya tidak pahit hanya hambar,
gak usah dihisap lebih baik dikunyah  dengan harapan
remah2 tablet masuk kedalam gigi yang alur2nya tidak
terjangkau sikat gigi, kalau digerus juga ga apa
ditambah air , jika bisa  minta domi untuk mendiamkan
larutan tsb dalam mulut beberapa saatsebelum ditelan .

Domi usia 4 tahun, dosis yang dianjurkan oleh drg tsb
1 tablet seminggu sekali.

Semoga membantu ...
Salam,
Rita (Mama Domi)

[balita-anda] Tumbuh gigi?
Lekom Maras
Sun, 20 Mar 2005 18:10:51 -0800

he he iya betul bu, si elang ((14 bln) blm tumbuh
gigi, kalo boleh tau
batasnya sampe umur berapa ya  tumbuh gigi pertama
(maksudnya keadaan yang
bisa di bilang mengkawatirkan) ...
maap kalo jadi nanya balik?

heni---bunda elang