hampir sama anak saya mo 11 bln ( gigi 8)
sejak tumbuh gigi 6 bln setiap mandi aku biasakan
pegang sikat gigi. yg penting dia mengenal kalo
mandi harus gosok gigi. nyoba pake kassa dia suka berontak.
suka diolesin pasta gigi anak (Enz** Kids) agar mengenal rasa odol.

tapi menurut parents lain di milist ini juga, mulai pake
odol sekitar usia 2 th agar tdk tertelan & setelah bisa
berkumur (cmiiw). tapi masih susah tuh ngajarinnya.

kalo menurutku sih mbak,
biarin aja dia sikat gigi sendiri, tapi kita juga pegang sikat gigi
tuk gosokin giginya. sambil diajarin kumur (air matang).
malah aku lebih setuju pake odol sedikiii...t aja biar biasa.
dari pada kalau udah gede dia gak mau, malah tambah repot.

banyak tetanggaku diatas usia 1-2 th, pada gak mau gosok gigi
aku cari penyebabkan itu karena tdk dibiasakan sedini mungkin
mengenal sikat gigi.
ako coba kasih sikat gigi yg lucu2 ke mereka, tapi mereka tetap
tidak mau gosok gigi, memegangnya saja tdk mau malah takut.
abis sebel liat gigi mereka item2 dan pada gak sikat gigi kalo mandi.
makanya mereka & ibunya suka aneh kalo liat Agam sikat gigi
sejak 6 bln. ( katanya belum waktunya )
btw aku terusin aja toh Agamnya suka malah sekarang kalo mandi susah
lepasin sikat gigi musti berantem dulu.

maaf kalo gak berkenan
salam
Ema=mamaAgam

----- Forwarded by Ema Lisistia/BSFM on 29/03/2005 18:21 -----
|--------+------------------------>
|        |          "indayani w.  |
|        |          prameswari"   |
|        |          <orangenmango@|
|        |          yahoo.com>    |
|        |                        |
|        |          29/03/2005    |
|        |          06:56         |
|        |          Please respond|
|        |          to balita-anda|
|        |                        |
|--------+------------------------>
  >-----------------------------------------------------|
  |                                                     |
  |       To:     balita-anda@balita-anda.com           |
  |       cc:     (bcc: Ema Lisistia/BSFM)              |
  |       Subject:     [balita-anda] menyikat gigi pada |
  |       bayi                                          |

parents,

gmn ya menyikat gigi pada bayi usia 11 bln (giginya ada 6). selama ini saya
hanya menggunakan kassa yg dicelup air hangat. apakah begitu saja cukup? atau
perlu menggunakan sikat gigi?

thankssssssss...

http://mail.yahoo.com