Bunda Nada,
aku dapet panduan ibu menyusui dari milis tetangga,
mudah2an bisa menjawab pertanyaannya.

Mommynya Irgen

PERSIAPAN SEBELUM IBU MENYUSUI KEMBALI BEKERJA
(Written by Lulu, dari berbagai sumber).

Mengenai persiapan, alangkah baiknya sebelum ibu
kembali bekerja
perlu mempersiapkan beberapa hal antara lain :

1. Teknik memeras / memompa ASI dari payudara.
ASI dapat dikeluarkan dg menggunakan alat pompa. Jika
anda memilih menggunakan pompa, pilihlah pompa jenis
piston (suntik) dg wadah ASI yg khusus. Jangan gunakan
pompa ASI jenis squeeze atau bulb, karena
relatif sulit dibersihkan (tidak steril) dan
tekanannya gak beraturan.  Ada juga jenis pompa
elektrik.
Selain dg alat, ada pilihan termurah & praktis yaitu
memeras ASI dengan menggunakan tangan. Untuk teknik
memeras ini, pelajari dg tepat agar ASI mudah
dikeluarkan. Ibu bisa belajar dari buku-buku ASI atau
datang ke klinik laktasi.
ASI peras disimpan dalam botol yg terbuat dari
stainless steel / kaca/ plastik. Jangan lupa beri
label dan tulis tanggal dan jam pemerahan.
Yang paling lama diperas, yg lebih dahulu diberikan ke
bayi.

2. Mulai "menabung" atau membuat stok ASI peras utk
ditinggal selama ibu bekerja.
Buatlah stok atau mulailah menabung beberapa hari
sebelum mulai bekerja.
Simpanlah ASI peras dalam kulkas jika akan diberikan
keesokan harinya.
Atau
jika mulai menabung beberapa hari sebelumnya, simpan
ASI peras dalam freezer.
Apakah ASI tidak basi ? Sebetulnya hampir tidak ada
istilah ASI basi terutama jika ibu mengikuti teknik2
penyimpanan dg benar. Jika terjadi perubahan warna,
bukan berarti ASI basi. Memang ASI yg disimpan akan
berukuran zat imun nya tapi tetap jauh lebih baik dari
susu formula & bukan basi.
Perlu diketahui bahwa ASI akan bertahan dalam kondisi
berikut :
 6-8 jam di suhu ruang
 2 x 24 jam dalam lemari es
 2 minggu dalam freezer yg gabung dg kulkas
 3-4 bulan dalam freezer 2 pintu
 6-10 bulan dalam freezer khusus

3. Siapkan seluruh anggota keluarga.
Terutama tatacara memberikan ASI peras kepada bayi.
Spt tidak memberikan ASI peras dg dot, bagaimana cara
memberikan ASI peras dg sendok pada bayi,dsb.
Persiapan ini juga termasuk persiapan psikologis bagi
pengasuh atau keluarga
yg menjaga bayi selama ibu bekerja.  Ini juga berlaku
bagi ibu.
Memang di hari-hari pertama pemberian susu perah
dengan sendok, bayi mungkin menolaknya. Ia bahkan bisa
cemas dan gelisah. Namun, janganlah khawatir, 3
> atau 4 hari setelahnya bayi akan terbiasa. Itu
sebabnya, sebelum masa cuti berakhir bayi perlu
dilatih disuapi susu dengan sendok.

Pemberian ASI Peras pada bayi

Ambil ASI berdasarkan waktu pemerahan (yang pertama
diperah yang diberikan lebih dahulu).
Jika ASI beku, cairkan di bawah air hangat mengalir.
Atau cara lainnya adalah hangatkan botol ASI peras
dalam wadah yg telah diberi air hangat.
Kocok dulu sebelum mengetes suhu ASI. Lalu tes dengan
cara meneteskan ASI di punggung tangan.
Jangan gunakan oven / microwave / direbus diatas api
untuk menghangatkan
agar zat-zat penting ASI tidak larut/hilang.
Sekali lagi, berikan ASI peras /pompa pada bayi dg
sendok. Sebaiknya tidak dg DOT. Karena pemberian ASI
dg dot akan membuat anak bingung puting & malas
menyusu langsung pada.
Untuk ASI beku (dari freezer) akan dicairkan,
pindahkan ASI ke refrigerator semalam sebelumnya, baru
esok harinya dihangatkan dan diberikan ke bayi. Jangan
membekukan kembali ASI yang sudah dipindah ke
refrigerator.
Karena itu usahakan ASI peras disimpan dalam botol2
kecil untuk sekali minum.

--- Irma Handayani <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> moms,
>
> Asi perah dah yang dah dikeluarin dari kulkas bisa
> bertahan berapa lama di suhu ruang??
> Kadang2 asi yang diminum gak langsung habis, kan
> sayang kalo dibuang.
>
> trims...
> BundaNada

>  Yahoo! Small Business - Try our new resources site!

Regards,
Mommy-nya Irgen
Please visit : http://www.babiesonline.com/babies/i/irgengibran/
Don't forget to sign Irgen Guestbook ya, Thx!

Make Yahoo! your home page
http://www.yahoo.com/r/hs