Wah saya acungi jempol dua deh buat Mbak Hani, soalnya sampai sekarang
aku masih gak tega untuk memaksa anakku sekolah, toh umur dia memang
belum waktunya sekolah (baru 3,5 tahun) wajib. Jadi tadi pagi waktu dia
mogok sekolah aku udah rela, toh di rumah Nadya juga bisa mewarnai, bisa
main musik, belajar bahasa inggris, belajar menulis dan membaca, dll.
Tapi ayahnya yang insist Nadya harus sekolah soalnya udah 2 minggu nadya
gak masuk sekolah (kalau ini alasannya karena saya harus ngajar dan
setiap kali ngajar nadya mesti ikut, soalnya di rumah ga ada yg jaga
selain itu sekolah tempat saya ngajar juga bukan tipe sekolah yg duduk
diam manis di bangku, jadi Nadya juga bisa ikut berinteraksi).

Apalagi statement ttg belajar tidak terpaksa. Wah..gimana ya caranya
tidak terpaksa lha wong awalnya aja udah kita 'paksa' untuk ikutan.

Maaf ya kalau tidak berkenan, Cuma ingin tahu aja

www.keluargarustamaji.blog.com

Tapi tetap saya minta kerja di
rumah walaupun hingga sekarang lembar kerjanya belum naik-naik juga.
Saya
menggabungkan metode kumon yang harus bekerja dengan hitungan waktu
dengan
metode pelajaran nabi yaitu belajar sambil bermain dan tidak terpaksa.
Agak
susah-susah gampang.
Sejauh ini baru ini yang saya ketahui mengenai kumon. Dan menurut
seorang
pshikolog yang saya temui, bahwa otak anak-anak itu sangat tajam, dan
masih
kosong. Sehingga apapun yang kita masukkan atau mereka terima bisa
mereka
tampung. Jadi menurut diapun, seorang anak tidak akan bingung kalau dia
distimulasi dengan tiga bahasa di rumah misalnya, indonesia, inggris,
perancis. Karena kemampuan otak anak-anak hingga nanti dia kelas SMP
adalah
menampung. SMP mengulang, SMA nalar,  Dewasa dia aplikasi dan stop untuk
kegiatan menampungnya terbatas. Saya tidak tahu benar atau tidak
(cmiiw).

Terima kasih,
Hani