dear papa stephen....
kebetulan anakku (13 bulan) juga lagi pilek niy pak... dan alhamdulillah
udah hampir sembuh....

sesuai dengan yg selalu saya lakukan ke anak saya, coba stephen diterapi uap
ya pak....

taro seember air panas di dalam kamar/ruangan tertutup lainnya , lalu ajak
stephen didalamnya sekitar 30 menit - 1 jam spy stephen menghirup uapnya....
atau bapak punya teko plastik listrik (yg tinggal dicolok ke listrik kalo mo
bikin air panas)? kalau ada, itu jauh lebih praktis.....
pasang teko listrik dan biarkan air mendidih dan uap air memenuhi ruangan
kamar hingga kamar terasa sangat humid dan sangat hangat
ruangan yg humid dan hangat akan sangat banyak membantu ngeluarin
dahak/ingus pada bayi :)

terapi uap ini jauh lebih praktis loh pak... bisa dilakukan kapanpun dan
dimanapun, bebas biaya (gak perlu fisioterapi, paling cuma beli teko plastik
listrik 20rb perak), jangan diberi MUCOPET atau obat2an lainnya.... jangan
dikit2 diberi obat... kasian banget kalau terkena efek sampingnya.....dan,
terapi uap ini juga gak perlu nungguin matahari kan ya.....

satu yg perlu diperhatikan.... bayi yg masih kecil sangat wajar jika muntah
atau mencret saat sakit batuk dan pilek.... muntah dan mecret adalah cara
mereka untuk ngeluarin dahak/lendirnya pak... jadi, JANGAN beri obat anti
muntah dan ataupun anti mencret ya pak.... cukup berikan minum banyak2....
kalau muntah/mencretnya banyak, berikan larutan elektrolit seperti pedialite
(dijual bebas di apotek)...

sekali lagi pak, hindari obat2an yg tidak perlu.... kalau anak sakitnya
hanya batuk/pilek karena virus, anak hanya perlu daya tahan tubuhnya sendiri
untuk mengobati penyakitnya.... dan kalau anak kita biasakan untuk melawan
kuman dengan daya tahan tubuhnya sendiri, dia akan semakin fasih dan kuat
untuk menangkal virus yg sama di kemudian hari.... kalau terus2an diberi
obat, kapan tubuh anak akan belajar.... setuju pak stephen? hehehe

ok, semoga bermanfaat ya pak....

balita-anda@balita-anda.com
>                       a.co.id>                 cc:
>                                                Subject:  [balita-anda]