Moms/Dads,

Kalau menurut saya (diluar dari kepercayaan pada tahayul), saya sering
baca di buku2 medis/maupun buku2 guidance untuk bayi di bawah 1 thn.
Kejadian bayi nangis tiba2 tidak mau tidur, nangis kejer, dll, adalah
wajar, dan istilahnya adalah "Kolik".

Nurut buku yang saya baca, Kolik ini belum diketahui sebab musababnya,
dan penanganannya pun belum jelas, maksudnya harus diapakan si bayi,
belum ada secara medis. Namun, umumnya apabila bayi kolik, coba saja
diberi minyak telon di punggung dan perutnya, trus, kalo punya mobil,
ajak jalan2 naek mobil, niscaya nangis/koliknya berakhir dgn cepat.

Soalnya saya punya pengalaman yang sama. Memang sih Mike termasuk "kuat"
karena jarang kena kolik, tapi begitu kena kolik, ngagetin banget, dan
aku sampe ngak tega liatnya, nangis meraung2 ngak jelas, ngamuk, mau
di-nenen-in malah tambah kenceng, mau dibaringin, juga terus2an
meraung-raung. Aku buka semua bajunya (takut ada peniti/jarum atau yg
tajam2 menusuk badannya), ternyata clear, trus, aku balurin seluruh
badan dgn telon, trus, dipeluk erat-erat, langsung diem nangisnya.

Cara lain, ajak naek mobil, keliling kompleks, ngak lama kemudian dia
bobo.

Hope it helps!

Regards,
Carolline Silka Wibowo