Setiap kali saya melihat bayi2 yang dibawa oleh ibu mereka untuk minta2 di
jalanan....saya selalu teringat Arga putraku yang baru berumur 4
bulan...trus dalam hati saya selalu mikir....kenapa sih gak semua bayi
beruntung dan boleh sangat dicintai seperti dia....kenapa sih Tuhan ngasih
anak ke mereka.....trus kepikir lagi....mungkin Tuhan mengijinkan hal2
tersebut terjadi agar melalui kita...bayi2 tersebut boleh merasakan
keberuntungan dan cinta seperti yang dimiliki Arga....:)...thats the
melancholic side....trus saya juga mikir....sebaiknya pemerintah
mengeluarkan peraturan ttg hal tersebut....jadi hal tersebut di ilegalkan
gitu....kalo ada anak dibawah usia 18 thn yang beredar di
jalanan.....ditangkap...dimasukkan day care pemerintah (bukan
tahanan)......trus dikembalikan ke ortunya (gimana deh
teknisnya)....prinsipnya anak2 itu gak boleh dijadikan sarana untuk nyari
duit....bonyoknya boleh deh nyari uang.....sementara anaknya dititipin ke
day care...kalo dah pulang kerja di jemput lagi....day carenya didirikan dan
dioperasikan oleh pemerintah or lembaga yang dipercaya oleh
pemerintah...sumber dananya dari pengusaha setempat, lsm, sumbangan pribadi
or kelompok....syaratnya  dananya jangan di korupsi!!!!...please deh, buat
anak2 getoo looohhhh.....cari lubang lain aja untuk di korupsi
>:(.....ya...tapi semua harus dibuat aturannya....no kids in the
street...put the kids in  day care....hehehhe....begitulah hasil diskusi
dengan sedikit emosi antara saya dan suami, malam minggu kemaren, sambil
makan bubur ayam dan sate padang di warung di pinggir jalan merdeka
bandung....terlalu idelis ya??...what a wonderful world....oh
ya.....fyi........kita dulu pernah wawancara ama anak2 jalanan
dan ortunya....gimana yaa....para ortu itu sudah sangat menikmati keadaan
seperti itu...dimana mereka tidak perlu bekerja keras...tinggal 'melepas
anak dan bayi' mereka ke jalanan...dan mendapatkan hasil yang
memuaskan.....anak2 tersebut mereka beri target..misal 30rb
sehari....setelah itu baru boleh bermain...jadi mereka bukannya gak mampu
dan gak ada kerjaan..tapi mereka sudah keenakan dengan cara hidup seperti
itu....dan prinsip banyak anak banyak rejeki benar2 mereka terapkan secara
harafiah.....jadi anak2 jalanan gak selalu dikoordinir....kadang orang tua
mereka sendiri yang membuat mereka seperti itu dan langsung mengawasi
mereka.

maaf kepanjangan......maaf