From: melisa
Date: 06/04/05 08:09:25
To: balita-anda@balita-anda.com
Subject: Re: [balita-anda] Madu - Berbahaya bagi bayi?????

Mbak Susanna,

Saya salut dg tekad Mbak menyusui Gillian exclusively sampai 6 bulan lebih.
Hebat! Mbak harus sering2 sharing di BA mengenai ini. Supaya banyak ibu2 yg
lebih semangat menyusui eksklusif anaknya sampai 6 bulan ;-)

Mengenai diarenya Gillian, mungkin yg harus dibenahi adalah, kita harus tahu
PENYEBAB nya apa. Diare baru bisa dikatagorikan diare kalau BAB encer lebih
dari 6 kali sehari. Penyebabnya bisa viral, bacterial, food posioning, atau
alergi terhadap sesuatu bahan makanan/ susu formula??, dan tentu penanganan
masing2nya berbeda. Jadi kalau fases lembek, encer tapi freq BABnya kurang
dari 6 kali, belum termasuk diare ya Mbak.

Kalau sudah tahu penyebabnya apa, baru kita bisa mengobatinya dg tepat.
Memberikan madu atau antibiotik akan sama berbahayanya kalau kita tidak tahu
penyebabnya apa. Iya kan Mbak. Gejala penyakitnya hilang, tapi penyebabnya
dan efeknya,...kita tidak tahu.

Kenapa sudah berobat ke dokter tapi tidak kunjung membaik? Dulu saya juga
begitu Mbak. Anak diare sedikit ke dokter, bukannya membaik malah makin
menjadi. Cari masukan sana sini, baru ketahuan, obat dari dokter lah yang
membuat diare anak saya menjadi parah. Sejak itu, penyakit2 seperti pilek,
batuk, diare, selalu saya tangani dirumah aja (home treatment). Pengalaman
saya, diare pada anak bisa berlangsung sampai 2 mingguan. Tapi akhirnya
sembuh sendiri juga kok hanya asupan cairannya harus diperbanyak saja.

Semoga berkenan,
Melisa