Mba Kayati,

Anakku juga amandelnya sudah besar.

Nadya (7 thn) sudah menderita peradangan amandel sejak umur 3 tahun.
Terakhir 2 minggu yang lalu terjadi peradangan yang cukup parah.
Dia tidak bisa bernapas dengan hidung karena saluran napasnya tertutup oleh
amandel yang membengkak.
Bernapas dengan mulut juga kesulitan karena kedua amandelnya hampir menyatu.
Akhirnya setelah diobati, kondisinya membaik.
Oleh dsa-nya anakku dikonsultasikan ke dokter ahli THT.

Menurut dokter THT, sebaiknya amandel anakku diangkat karena sebagian besar
amandelnya sudah mati/tidak berfungsi maksimal lagi.
Bagian yang tidak berfungsi tsb menjadi tempat berkumpulnya bakteri yang
apabila kondisi tubuh sedang tidak fit maka akan menimbulkan peradangan
kembali.
Begitulah seterusnya...
Tapi, kalau masih berfungsi maksimal, biasanya dokter menyarankan untuk
diobati saja tidak perlu diangkat.

Dan menurut dokter THT tersebut, amandel bukanlah satu-satunya alat
pertahanan tubuh manusia terhadap kuman.
Dalam mulut katanya masih ada beberapa yang lain, contohnya bagian dalam
lidah (dekat tenggorokan) ada kelenjar yang berfungsi sama seperti amandel.

Sekarang anakku sedang dalam persiapan operasi. Mungkin 2 minggu lagi,
tunggu dia liburan.
Aku dan suamiku deg-degan sih, rasanya kawatir sekali.

Fina
mama Nadya & Rara