Tanya:
Apakah vaksin HIB itu dan fungsinya untuk apa

JAWAB:
Vaksin HIB ( Hemofilus Influenza B) berguna untuk mematikan bakteri yang
menyebabkan infeksi yang serius pada anak atau bayi. Biasa lebih dikenal
dengan kasus meningitis dan infeksi saluran nafas. Ini juga penyebab
utama infeksi darah dan infeki kulit jaringan. Vaksin ini lain dari
vaksin influenza yang tidak di rekomendasikan untuk diberikan pada bayi.
Menurut referensi imunisasi HIB dilakukan pada usia 2,4,6 dan 15 bulan.
Atau tergantung saran dari DSA anda. Dito dulu baru di imunisasi pada
usia 6 bulan, dan hanya dilakukan sebanyak dua kali. Efek samping dari
vaksin ini ngga banyak kok, lain dari DPT yang suka menimbulin panas.
Yang perlu diingat, vaksin Hib tidak boleh diberikan kalo si kecil masih
flu atau ada sakit lain.

TANYA:
Anak saya sejak usia sekitar 1.5 tahun, untuk pertama kalinya matanya
ada bisul/bintitan, gejala awalnya didahului dengan banyaknya kotoran
mata, semakin hari semakin banyak, sampai dia susah membuka matanya jika
bangun dari tidur, kemudian mulai ada benjolan di kelopak matanya yg. di
sebelah dalam & bagian atas, lalu besoknya benjolan itu berwarna agak
merah (spt. bisul), dan setelah yg. bagian atas sudah agak matang ...
kelopak mata yg. bagian bawah akan begitu juga kejadiannya. Dan
kadang-kadang ini terjadi di kedua belah matanya. Bintitan ini dari usia
1.5 tahun tsb. sering berulang lagi (mungkin ada sekitar 7 - 8 x ...
sampai saat ini di usia hampir 3 tahun). Adapun pertanyaan saya sbb.:

JAWAB:
Sebenarnya apa yg. menyebabkan bisul/bintitan tsb. ? Kenapa bisa sering
timbul, dan berputar dari kelopak mata atas & bawah, kadang bisa di
kedua belah mata.
Jika setiap kali timbul bisul tsb. & selalu dikasih obat tetes mata
(bisa untuk 1 - 2 mingguan - permintaan dari dokter), apakah di usianya
yg. masih kecil tsb. dengan seringnya diberi obat tetes mata akan
mempengaruhi penglihatannya ? Karena seperti saat ini, anak saya jika
berpergian siang hari (suasana terik matahari) ... sering merasa
takut/nggak enak dimatanya dengan terik matahari tsb. atau jika di malam
hari, tiba-tiba dia terbangun dan ada yg. menyalakan lampu kecil di
kamar ... pasti dia teriak2 minta dimati- kan lampunya !.

TANYA:
Bayi saya berusia 5 bulan, sudah mendptkan vaksin BCG, Hepa I, DPT-Polio
I s/d DPT-Polio 3. Sesuai anjuran dokter, saat bayi saya 6 bulan akan
divaksin Hepa III. Yang ingin saya tanyakan kapan sebaiknya vaksin HIB I
diberikan? (Karena sesuai jadwal imunisasi yang terdapat dipaspor
kesehatan anak saya HIB I diberikan bersamaan dengan DPT-Polio I).

JAWAB:
Vaksin HIB I dapat diberikan bersamaan dengan hepatitis B ke-3 pada hari
yang sama tetapi tentu pada tempat yang berbeda (paha kiri dan kanan).
Atau bila keberatan diberikan 2 vaksin sekaligus, vaksin HIB -1 dapat
dipisah dengan jarak 2-4 minggu dengan hepB-3.

TANYA:
Dokter Yth, Bisakah saya mendapatkan jadwal imunisasi yang sesuai dengan
usia si Bayi dari 1-12 bln ?? karena ada dari beberapa DSA yang
menjadwalkan imunisasi HIB dibawah 12bln tapi ada juga yang diatas
12bln, sebetulnya yang benar yang mana ???

JAWAB:
Vaksin Hib seperti yang kita ketahui bersama adalah untuk mencegah
penyakit yang disebabkan oleh bakteri (bukan virus) Haemophilus
influenzae tipe B. Kuman ini terutama menyababkan meningitis (radang
selaput otak) dan pneumonia pada bayi. Khusus tentang meningitis, dari
penelitian yang telah banyak dilakukan di negara lain, diketahui bahwa
insidens (kejadian kasus baru) tertinggi pada usia 6-12 bulan. Hal ini
juga sesuai dengan penelitian di RS di Jakarta dan Tangerang (oleh dr.
Hardiono dkk) yang mendapatkan bahwa kasus meningitis terbanyak pada
usia tersebut. Jadi sebetulnya bila ingin mencegah tentu yang terbaik
sebelum usia tersebut, sehingga pada saat bayi masuk usia 6-12 bulan ia
sudah mempunyai kekebalan terhadap penyakit ini. Jadi sebaiknya bila
akan memberikan imunisasi Hib berikanlah sebelum usia 6 bulan (tetapi
setelah usia 2 bulan-agar hasilnya baik/imunogenik). Satu-satunya
kerugiannya memberikan vaksin ini dibawah 6 bulan dibandingkan setelah
setahun adalah jumlah suntikan yang diberikan. Di atas setahun hanya
perlu 1 kali, sedang dibawah 6 bulan (2 atau 3 kali tergantung vaksin
yang digunakan).

TANYA:
Pak Dokter, saya dapat informasi dari teman, kalau dokter anaknya ada
usulkan untuk imunisasi HIB untuk mencegah meningitis. Dok, apakah ini
benar dan adakah efek lain dari imunisasi ini, saya juga sudah dapat
informasi kalau imunisasi HIB cukup mahal (diatas 150 ribu).

JAWAB:
Imunisasi Hib adalah untuk menimbulkan kekebalan terhadap infeksi Hib
(Haemophilus influenzae tipe b). Hib ini tergolong bakteri bukan virus
walaupun namanya influenzae. Salah satu akibat yang ditimbulkan oleh
infeksi Hib adalah meningitis, dan disebut meningitis Hib. Tetapi tidak
semua menigitis disebabkan oleh Hib. Kira-kira 38% meningitis disebabkan
oleh Hib. Sisanya disebabkan oleh banyak penyebab lain. Selain untuk
mencegah meningitis Hib, vaksin ini juga dapat mencegah penyakit lain
yang disebabkan oleh Hib seperti pneumonia (radang paru), epiglotitis
(radang epiglotis-jarang), radang sendi karena Hib, dll. Efek samping
biasanya ringan, umumnya hanya reaksi lokal ditempat suntikan saja. Jadi
imunisasi Hib dimaksudkan untuk mencegah menigitis yang disebabkan oleh
bakteri Hib saja. Imunisasi ini belum termasuk imunisasi wajib, tetapi
dianjurkan oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia. Harga yang mahal karena
vaksin ini masih diimport dari negara luar.

Menambahkan jawaban dari dr.Hanifah Sp.A, Imunisasi Hib memang
diprioritaskan pada anak di bawah 5 tahun (1-5 tahun) karena pada
kelompok umur ini lebih rentan terkena infeksi ini. Bila diimunisasi dg
Hib memang masih ada kemungkinan anak terkena meningitis Hib, tetapi
bentuknya jadi jauh lebih ringan. Meningitis sendiri dapat memberi
dampak yang berat, setengah dari penderita bisa sembuh, tetapi ada juga
yang bisa jadi tuli, perkembangan fungsi luhur terganggu, atau malah
lumpuh. Memang imunisasi Hib di Indonesia belum populer (salah satunya
karena mahal), tetapi menurut saya, bila dapat anak diimunisasi saja,
untuk mencegah hal yang tidak diinginkan.

Semoga bermanfaat

Dede Maulana

- Pulsa Gratis klik : http://pulsa-gratis.cjb.net
- Jika anda telah memutuskan untuk meraih hidup penuh dengan kesuksesan.
Bergegaslah ke
  http://www.milyuner.com/m.cgi?id=maelia ! Datang dan ubahlah hidup
anda menjadi lebih baik lagi.