Meita,

Kalo menurut aku, kemungkinan besar.. pembantu kurang stimulate..
sebelumnya, BS ku juga, aku yakin banget gak rajin ngajarin Callis
ngomong..   wong BS kalo ngomong suara pelan.. dan bukan tipe bawel
gitu...   sampe suatu saat, dimana keponakan yg umur ya sama dgn Callis
(wkt itu 16 bulanan) , udah pinter ngomong, bisa menunjuk/ menyebut warna/
binatang, inggris dan indonesia, menunjuk benda2 rumah inggris dan
indonesia,  bahkan huruf A-Z capital dan kecil...  dan kebetulan mamanya
(kebetulan tidak bekerja) suka pamer2 dan mama/ papaku sampe terpesona dan
sering membanding2dan dengan Callis, aku bertekad untuk lebih agresif
ngajarin Callis..    Caranya...   mulai rajin cari di internet gambar2
binatang/ buah , cari gambar yg besar/ jelas, untuk diwarnai. Tempel di
tempat biasa Callis main, dan sebutkan nama2nya, ga peduli, Callis mau
lihat atau tidak. Trus...  khusus BS, aku panas2in..       "tuh lihat si
Mbak Sri aja bisa ngomong Inggris, ( padahal dulunya boro2...     pasti
karena diajarin oleh kakak iparku yg setiap hari rajin mengajar anaknya)
dan kalo ke Gymboree..  juga dipanasin suami: tuh lihat BS2 pada ngajarin
anak asuhnya.  Eh..  bener lho.. setelah itu Callis banyak
perkembangannya...  mulai kenal buah dan binatang...  bisa nunjuk... dan
karena belom mau bicara, harus dipancing dulu... contoh :    tuk tik tak
tik tuk ...   suara sepatu ku....   (minta dia lanjutkan)  kalo bellom
mau, ya kita yg lanjutkan : kuda!!    terus coba lagi...   coba lagi....
akhirnya pasti mau juga..        begitu juga dengan benda2 lain..
Pokoknya jangan putus asa...
Kalo pergi2, misal ke mall, tunjuk benda2 disekeliling... (terutama yg dia
sering lihat dulu)  sebut berulang2 dan minta dia sebut suku kata
terakhir..   kalo ke supermarket..,  tunjuk buah yg sudah dia kenal dari
gambar, kalo perlu kasih pegang dan minta Putra sebut nama buahnya.
Selain itu juga rajin setel baby einstein..

Maaf, sharingnya kepanjangan... semoga bisa berguna..

Yanti

"Meita R. Dewi" <[EMAIL PROTECTED]>
07/05/05 01:42 PM
Please respond to
balita-anda@balita-anda.com

balita-anda@balita-anda.com
cc

Subject
Re: [balita-anda] Need share: Tanya anak 18 bulan

Ikutan sharing yah...

Putra bulan ini 17 bulan... kayanya setelah baca sharing dari moms yang
lain, aku jadi lebih banyak interopeksi diri nih...

Soalnya selain belum bisa jalan dan BBnya ngepas, kayanya Putra belum ada
perkembangan lain  sesuai dengan anak2 seusianya deh..

FYI, Putra di rumah ditinggal ama pembantuku.. dia udah ikut aku selama 2
tahun ini.. dan ikut ngasuh Putra sejak dia 2 bulan (sebelum aku mulai
kerja lagi, aku sempet training dia sebulan untuk ngasuk anak).. Sejauh
ini sih so far so good lha.. Dia bisa ngikutin apa yang aku mau.. dan
kerjaannya juga cepet.. urusan RT dan ngasuh anak balance...

Masalahnya kayanya  selama ini Putra kurang distimulasi deh.. Smp skrg dia

hanya bisa ngucapin kata Ayah.. Mamam... sementara ketrampilan yang lain
udah bisa masukin donut Ring, udah bisa main Lego.. (ngelepas aja sih),
lempar bola2 di boxnya yang aku penuhi bola2 untuk mandi bola, buka tutup
buku cerita, mencet2 hp,telf dan piano, joget2 kalo ada lagu atau iklan
yang dia suka, udah bisa pup di toilet trainingnya tanpa nangis, buka
celana dan baju sendiri, bisa disuruh ngambil brg2 spt kacamata bunda,
guling Putra, barang2 miliknya atau benda2yang kita tunjuk, terutama ambil

remote tv/vcd, bongkar huruf2 di karpet puzzlenya, buka tutup botol,
nunjuk2 semua anggota badannya, salim, kiss bye, mata genit,  dan nunjuk2
semua yang dia mau atau dia ingin tau..

Tapi kalo aku baca semua sharing dari moms yang lain, Putra aku kayanya
agak terlambat perkembangannya.. Selain blm bisa jalan, dia juga belum bs
ngikutin kata2 yang lain atau bedain huruf, angka dan warna...

Sejauh ini aku smp bikin daftar kegiatan Putra di rumah dan aku ajarin
dulu pengasuhnya Putra cara ngajarin dia main dan ngelatih kosa katanya...

Semua sarana dan prasarana udah aku sediain.. Cuma karena pembantuku hanya

sendiri di rumah jadi ga ada yang ngontrol apa bener dia udah ngajarin
Putra sesuai yang aku mau atau ngasih makan sesuai porsinya..? Bukannya
su'uzon sih, tapi kalo emang dia bener udah ngajarin Putra macem2 setiap
harinya sesering mungkin masa ga ada perkembangan yang berarti?

Aku sih takutnya karena dia terlalu cape ngerjain pekerjaan RT, jadi ga
fokus ama Putra.. Dulu sih aku sempet mau ambil 1 pembantu lagi, tapi dia
ga mau kalo kerja berdua... dan dia bilang dia masih sanggup handle
semua.. emang sih sejauh ini ga ada masalah.. selain itu di rumahku kamar
hanya 2, 1 kamar kita dan 1 lg kamar pembantu yang hanya muat untuk 1
orang... Jadi kalo nambah 1 orang lagi bingung ngatur tidurnya... selain
itu juga masalah keuangan juga.. akhirnya kita mutusin untuk naikin
gajinya lebih besar dari sebelumnya dan itu berlanjut deh smp skrg...

Sementara itu waktu aku bersama Putra juga hanya sabtu dan minggu.. Itupun

kita lebih banyak acara diluar rumahnya.. Biasa setiap sabtu mertuaku
dateng jenguk Putra jadi aku ga bisa full sama Putra. jadi yang lebih
banyak bisa menstimulasi Putra hanya pembantuku karena dia yang sehari2nya

ama Putra. Makanya aku minta dia untuk lebih banyak ngajarin Putra.

Nah setelah baca semua sharing moms sekalian aku jadi agak bingung, Putra
belum ada perkembangan gini apa karena pengasuhnya yang ga bisa ngajarin
macem2 atau Putranya yang ga bisa? Emang sih masing2 anak perkembangannya
beda2, cuma aku jadi sedih aja kalo mertuaku udah ngebanding2in Putra
dengan anak2 seusianya yang lain yang udah bisa ini dan itu..

Kayanya kalo udah gitu, aku ngerasa ga bisa mendidik anak yang bener.. dan

belum bisa menjadi ibu yang baik, pengen deh rasanya ga kerja untuk bisa
didik anak tapi yah mau gimana lagi kebutuhan hidup yang masih banyak
belum memungkinkan untuk aku berhenti kerja..

Kira2 pola pengajaran dan didikan apa yang bs ditambahkan pada Putra yah
dan bagaimana cara moms sekalian untuk menstimulasi otak dan fisik
anak2nya spy lebih berkembang sesuai usianya?? Apa perlu Putra
diikutsertakan di sekolah semacam Kindgarden, Tummbles Toot atau Gymbore??

Atau Homescooling??

Mohon sharingnya lebih lanjut

Makasih sebelumnya buat kesediaannya berbagi dan membaca sharingku..

Salam

Meita

tere <[EMAIL PROTECTED]>
07/06/2005 01:55 AM
[...]

Hhehehehee...lucu amat sih manda,jadi pingin liat fotonya, ada nga..ada
nga?? ^^p

Thanks God juga deh ternyata my kevin masih dalam tahap wajar,
hahahhahaaa...

Salam yah buat manda n her future sist/bro.

Tere-kevin's mom
http://www.babiesonline.com/babies/k/kevin_n

On 4/7/05 6:34 PM, "[EMAIL PROTECTED]" <[EMAIL PROTECTED]>
wrote:

> Ikutan share ah....mumpung blom kecemplung dengan kerjaan...
>
> Mama Kevin,
> Kayaknya Manda (19 bulan) banyak persamaan dengan Kevin & anak-anaknya
Moms

 ,
> [...]
> berdiri sendiri, melangkah 2 langkah.. tapi kalo kita menjauh darinya
> langsung deh dia jatuhin badan buat, duduk.
> Papanya suka menghibur diri sendiri  and ngomong.." ya ngak apa-apa
> deh...vitamin makanan nya lari ke otak ngak ke dengkul..ya kak...."
> Btw, aku ngak begitu pesimis sama perkembangannya anakku, selama
> pertumbuhannya normal & jarang banget sakit  aku udah Praise the Lord /
> Puji Tuhan banget......
>
> Oh iya Mama Kavindra, manda juga suka nungging nih...karena dia mo punya
> dedek Desember-an ntar..., nah..artinya Kavindra iya juga dong ntar...
:-)

> [...]
> n bilang tas...min
> (maksutnya atas nama bapa, dan putra dan roh kudus,
> amin) tapi yg diucap
> cuman depan n belakangnya tok, hehehehe...
> Trus tangannya dilipet n matanya merem2 gituw, ^^p
> N sifat jeleknya kevin suka nggigit nih...apalagi kalo
> udah gregetan,
> idungpun bisa kena cakot (gigit) hehehhee...
> Bingung juga mau marahin katanya nga bole, kalo
> ditegesin, malah ktawa,
> disangka lucu, apa muka maminya muka badut yakk??
> Soalnya kalo ngliat aku
> sukaannya jadi gregetan n ktawa. Jadi binun!

http://uk.messenger.yahoo.com

SUMATERA
> [...]
message to
> such person), you must not disclose, disseminate, distribute, deliver,
copy,
> circulate, rely on or use any of the information contained in this
> transmission.
>
> We apologize if you have received this communication in error; kindly
inform
> the sender accordingly. Please also ensure that this original message
and any
> record of it is permanently deleted from your computer system. We do not

give
> or endorse any opinions, conclusions and other information in this
message
> that do not relate to our official business.

SUMATERA
> UTARA !!!
> [EMAIL PROTECTED]

SUMATERA UTARA !!!