hehehehe... ummi na nayla

ummi.. kita memang masih mampu.. insya Allah berapapun yang diminta
untuk kesehatan anak kita..pasti kita bayar.. tapi apa semua masyarakat
indonesia begitu juga? ada lo di kompas hari ini ibu yang bunuh anaknya
sendiri kemudian bunuh diri sendiri, karena mereka ngga mampu..

soal  vaksin. pemerintah ngga bisa mensubsidi mmr dan varicella, dll..
dan menjadikannya sebagai vaksin yang dianjurkan.. kenapa? karena mahaaal..
yang murah2, dan akhirnya diwajibkan (kadang bisa dibagikan gratis di
puskesmas dan posyandu..), karena bisa disubsidi..  itu hanya salah satu
contoh bedanya thimerosal or non thimerosal disini.. syukur banget kalo
udah bs buat yang ngga pake thimerosal semua.. (eh.. bukannya saya udah
info juga emang rata-rata udah dibikin yang non thimerosal?.. rasanya
udah ya) tapi kalo emang belum bisa atau masih dalam proses.. masa anak
kita ngga divaksin? intinya selama ini.. ada or ngga ada thimerosal..
vaksin itu aman.. dan ngga berhubungan dengan autis...

udah baca kompas kemaren? disana dibeberkan soal autis.. ada tiga
halaman kalo saya ngga salah :)) dan ahli udah menyatakan kalo autis
disebabkan oleh faktor genetik.. kelainan kromosom yang diturunkan oleh
orang tua anak.

kalo mengenai pendapat mbak ngga percaya sama who, aap, dsb.. hehehe..
please jangan klaim ke saya.. karena saya bukan ahlinya.. silahkan kirim
klaim ke mereka heheeh :))

masalah kenapa obat batuk dibikin,.. alasannya sama dengan kenapa
suplemen dibuat... good for nothing.. kenapa? orang ngga mau terganggu
dengan batuk saat kerja mereka, maka dibikinlah obat batuk yang menekan
refleks batuk, padahal selama kita tau batuk kan gejala.. mekanisme
tubuh mengeluarkan virus, racun, sesuatu yang perlu/ mengganggu dari
tubuh..
orang malas konsumsi yang natural, dibikin deh suplemen.. padahal ahli
pharmacy sendiri bilang kalo suplemen yang terpakai paling kurang dari
5% nya. jadi itu back to orang2nya aja.. betul seperti yang mbak bilang..

tapi kalo masalah vaksin trusnya disamakan dengan itu.. hehehe..
speechless saya.. saya bukan pro vaksin or anti vaksin, atau pro
thimerosal or non thimerosal.. semua back to risk and benefit itu aja..
kalo obat batuk dan suplemen kan udah ketauan.. benefitnya ngga ada..
risknya walo sedikit tep aja ada risk.. jadi ngapain konsumsi? lagi-lagi
kembali kepada yang mbak bilang.. itu hanya kemampuan kita memilah2..

yang saya nyatakan disini hanya pabrik vaksin di indo diawasi oleh who
dan yang jelas, udah diproduksi kok yang tanpa thimerosal termasuk di
indo.. thimerosal yang kita bicarakan ini emang merkuri.. tapi seperti
yang telah saya utarakan sebelumnya.. jangan disamakan semua karena kata
merkuri nya.. bukannya dah basah trus nyebur seperti mbak bilang.. tapi
liat dari ; merkuri yang kita makan dan ada di sekeliling kita emang
bikin bahaya.. sementara merkuri yang ini udah dinyatakan aman oleh ahli
yang pengetahuannya pasti jauh diatas kita.. dan bukan hanya satu ahli
yang bilang gitu karena untuk menyatakannya aja kan butuh penelitian
tahunan.. tapi kok masih bingung..  :) istilah saya, makan udang, kerang
or cumi  aja udah bahaya.. sementara vaksin tuh ngga ada se apa-apanya
merkuri ikan dilaut dibanding dengan yang mengalir dalam ketuban atau
susu ibu ke anak. tapi bukan artinya kita tidak susui anak kita kan?

Oia...belum terjawabkan kenapa amrik mengeksport sisa vaksin dg kandungan
thimerosal ke indo??

siapa ya yang bilang kalo amrik mengirimkan thimerosalnya ke negara
berkembang? saya ngga bilang lho...  lagian amrik bikin vaksin non
thimerosal kan juga bukannya membenarkan kalo thimerosal bahaya.. tapi
lebih ke "supaya orang yang kemakan gosip jadi ngga pada brenti lagi
untuk imunisasi anaknya" ... so jangan cari jaminannya dari saya..
heheh.. sebab saya bukan orang yang berwenang, cuma bisa berikan
linknya.. dan semuanya dah saya beberkan disini..
masalah vaksin thimerosal non thimerosal beredar disini.. itu kan diluar
kuasa saya... kenapa ngga mbak coba cari tau.. browsing mungkin? :)
karena toh selama ini apa yang saya share dan sudah saya berikan dasar
dan sumber yang akurat, masih juga mbak pertanyakan ke saya.. gimana
kalo mbak juga cari .. heheheh dan share disini sumber yang bisa
dipegang ke akuratannya..

mohon maaf, tapi saya kira saya ngga ingin ini menjadi debat kusir yang
nantinya malah marah-marahan satu sama lain.. kita kan hanya mencari mau
yang bisa dijadikan pegangan ya.. lepas dari benar dan salah untuk kita
semua.. silahkan masing2 menilai dimana risk dan benefit nya

sekali lagi, silahkan pilih mana yang terbaik .. karena decision kan
berada di tangan kita . masing-masing.. dan bukan ditangan saya, bukan
ditangan who, aap dan cdc.. :))
jadi kalau dari saya sendiri sih, cukup disini kali ya.. hihihihih

mohon maaf kalau tidak berkenan

much love,

reyna