Hello mums and dads,
nimbrung ya... seprtinya gak kelar-kelar ngomongin masalah playgroup
dan cari-cari PG untuk anak 3 tahun dan bahkan ada yang minta untuk
dibawah 3 tahun.

menurut yang saya tau dan untuk diketahui semuanya (barangkali mums
juga dah banyak baca juga ya..) bahwa perkenalan lingkungan (begitu yg saya
sebut pendidikan untuk batita dan balita) memang sudah hars dilakukan bagi anak
sejak usia sedini mungkin, bahkan mulai anak usia 1 tahun. so...
lingkungan tumbuh kembang anak haruslah kondusif dan kita sebagai
ortu (guru pertama) harus smart (jangan salah... bukan
smart = lulusan S1 atau S2)yaitu dengan mengetahui pertumbuhan dan
perkembangan anak-anak kita sejak dini sekali.
nah.. dari dasar itu mengikut sertakan anak2 kita ke play group sejak
dini sangat diterima alasannya.

tetapi saya mohoooooon sekali.. pada semua mums and dads: bener gak
kita upayakan si kecil ke play group untuk benar-benar pengenalan
lingkungan dan pendidikan emosi&spiritual untuk mengoptimalkan
perkembangan anak kita(bukan pertumbuhannya, beda lho pertumbuhan dan
perkembangan).
Atau sekedar alasan tidak membiarkan anak kita dengan pembantu dirumah
atau karena
kita bekerja dan tidak bisa mendampingi setiap harinya? coba
tolong.... sekali renungka hal itu.

jika hal yang ke dua yang menjadi alasan, ada kecenderungan nantinya
anak akan keluar dari hubungan emosional dengan lingkungan terdekat,
yaitu orang tua dan keluarga. dan norma2 yang yang ingin kita terapkan
di rumah susah untuk diterapkan.
kalau alasan yang pertama yang
menjadi pertimbangan, nah....kalau yang ini saya sependapat sekali,
namun jangan lupa kita harus meneruskan dan menkondisikan apa yang
kita dapat di playgroup diterapkan di rumah kita. jadi kita meski
ndampingi di play group itu, dan itulah ciri-ciri  ortu yang
smart, yang selalu mencari tau apa yang terbaik buat anak-anak kita
dan manfaatnya sangat besar tuk perkembangan anaknya kelak. namun
mensti di sertai tips2 yang jitu untuk memanfaatkan kegiatan playgroup
itu untuk perkembangan anak kita.

maaf bukan saya anti playgroup, malah saya saat ini juga
menyelenggarakan playgroup dirumah
tapi saya wanti-wanti ke ortu untuk bisa ndampingi anaknya di
play group bagi yang tidak bekerja.
atau bagi yang kerja sebulan sekali kita ngobrol-sama sama, yah
semacam parent class-lah. agar apa yang didapat di play group bisa
optimal membantu anak-anak tumbuh di lingkungannya terdekatnya (yaitu
rumah dan keluarganya).

maaf jika tidak berkenan, saya senang sekali kalau ada tanggapan dan
masukan buat saya, karena saya akan kembangkan kegiatan saya ini demi
untuk menciptakan anak-anak indonesia yang tangguh, mandiri dan
beriman, Insya Allah. Saya tau ini tanggung jawab kita sama-sama
sebagai makhluqNya untuk memperhatikan amanahNya.

sekedar mengingatkan: " anak kita bukanlah milik kita, tapi milik sang
Pencipta" (khalil Gibran)

ditunggu komentarnya.

--
Best regards,
 Nuraini              mailto:[EMAIL PROTECTED]