mbak natalia....
turut sedih ya baca yg dialami Galen .....
saya jadi keinget pengalaman anak saya dulu pernah opname hanya gara2 saya tidak tau tata laksana pengobatan yg benar....

Galen belum 72 jam panas sudah dibawa ke rumkit ya mbak? saya rasa ini terlalu cepat..... demam cukup di-home treatment di rumah saja.... beri minum yg banyak, pakaikan pakaian tipis, pasang ac, mandi air hangat.... demam yg baru "seumur jagung" belum bisa dijadikan patokan buat menentukan suatu penyakit... buanyaaakkkkk bgt penyakit yg diawali dari demam... bahkan yg bukan penyakit pun bisa demam... contohnya tumbuh gigi...

kekurangtahuan kita seringkali disalahgunakan sama pihak lain... rumkit contohnya.... mentang2 calon pasien gak ngerti, lgsg aja kesempatan mereka meraup duit, mesti rawat inap lah, diberi obat yg macem2 lah.....

Galen ada riwayat kejang demam mbak? dulu pernah kejang demam?ada turunan? kalau tidak ada jangan worry ya mbak... tata laksana demam kan gampang, udah saya sebutin diatas.... kalaupun terjadi kejang, jangan terlalu panik.... kejang demam tidak membahayakan (walupun terlihat mengerikan)... tidak akan menyebabkan kerusakan pada otak..... mulai sekarang, coba mbak cari2 artikel mengenai kejang demam ini... buat pegangan seandainya sewaktu2 dibutuhkan....

hari pertama oleh rumkit di test urine dan tes darah ya? tes urine boleh lah..... tidak menyakitkan galen.... ini untuk menyingkirkan kemungkinan ISK (infeksi saluran kencing).... tapi kalau tes darah sama sekali belum perlu.... dan ini menyakitkan galen....

obat:
cefspan..... ini AB broad spectrum, jenis keras.... sangat tidak diperlukan dan justru bisa memperparah diare Galen.... celestramine: untuk apa ya? galen pilek? jutru kalau ada ingus (pilek), itu pertanda bahwa Galen HANYA KENA VIRUS....
                   jadi, celestamine juga tidak perlu....
Galen batuk? ada tatalaksana untuk batuk pada anak.. bisa home treatment... mbak natalia baca kan ttg terapi uap di milis ini? Vistrum: vitamin katanya ya.... tidak perlu juga.... daya tahan anak yg akan membunuh virus.... banyak istirahat, makanan yg bergizi.... infus? selama galen mau mimik yg banyak, tidak perlu infus... kebayang gak siy anak teriak kesakitan pas masukin jarum infusnya?? :(((((

mbak,
kalau saya liat cerita mbak, kayaknya Galen kena rotavirus.... ini virus "pasaran" yg biasa nyerang bayi, balita dan orang dewasa.....rotavirus ini sangat menular.... ciri2nya sama kayak cerita mbak... dimulai dari demam, lalu diare (sangat sering pub dan berair)..... diare ini mekasnisme extrim tubuh untuk ngeluarin kuman....so, JANGAN BERI OBAT ANTI DIARE kayak kaopectate ya mbak... ini justru akan membahayakan..... semenatra ini, beri banyak cairan ya mbak... pedialite bagus bgt kok buat anak ygdiare.. kasi jus pisang, apel, atau apalagi ya? obat2an sebaiknya di stop saja mbak..... diare akan berhenti jika memang perut anak sudah bersih dari rotavirus ini..... dan relakan BB Galen turun sampai 2 kg ya ehheeh nanti kalau udah sembuh, mbak akan terpana liat nafsu makan Galen yg meningkat..... :D

dr. hanifah oswari? beliau memang perah di rekomen di milis sebelah as spesialis hepato-gastro yg RUD (Rational use of drugs)... silahken ke beliau kalau mau :)

sekian

*gilebisajugayabikinemailseriusygpjgkayakgini*

----- Original Message ----- From: "Natalia Shinta Dewi" <[EMAIL PROTECTED]>