Dari Google.co.id moms, smoga membantu n gak panik lagi...yg penting
tetep berobat n postive thinking

Mak'Ne Zalwa

======================================================================================

TBC Kelenjar
Fri, 20 May 2005 --- Fitri --- Pekanbaru
Tinggi saya 155 cm, dan berat badan sebulan terakhir ini 37 kg
(sebelumnya stabil 40 kg, masih kurang beberapa kg dari berat standar).
Karena ada benjolan di bagian leher, saya dianjurkan melakukan biopsi.
Hasil biopsi menyatakan bahwa saya mengidap TBC Kelenjar dan dianjurkan
mendapatkan terapi spesifik (minum obat selama 6 sampai 12 bulan). Apakah
saya masih perlu menjalani tes Mantoux dan rontgen ?
Putra sulung saya (sekarang 6 th) saat berumur 2 tahun pernah menjalani
tes Mantoux dan minum obat TBC selama 1 tahun. Hasil tes setelah terapi
obat tsb menyatakan bahwa ia telah sembuh total. Sehubungan dengan
penyakit saya, apakah anak saya juga perlu dites kembali? Bagaimana
dengan anggota keluarga saya yang lain ? (mengingat saya sendiri tidak
bisa memperkirakan darimana kuman tsb menulari saya, padahal saya tidak
pernah kontak dengan orang yang mengidap tbc paru)
Terima kasih sebelumnya atas jawaban Dokter

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pemeriksaan Darah Anti Tuberculosis
Thursday, 4 Oct 2001
Riti --- jakarta
Apakah dengan pemerikasaan darah anti tuberculosis untuk anak umur 4 -6
tahun dapat menunjukan positive tidak nya anak tertular bakteri
tuberculosis?

Mana yang lebih akurat antara test mantoux dengan test darah (Soalnya
menurut mantoux hasilnya test anak saya positive dan menurut test darah
anti tuberculosis hasilnya negative) saya jadi bingung? Mohon penjelasan
dari dokter.

Terima kasih.

Jawaban:
Untuk menyatakan bahwa anak ibu terkena TBC harus dilihat secara
menyeluruh (holistik) si anak tersebut.
Dokter harus melihat keadaan klinis anak tersebut yang kemudian ditunjang
dengan pemeriksaan seperti foto thoraks (Rontgen paru-paru), skin test
(test mantoux), pemeriksaan sputum dan biakan.

Sekarang ada pemeriksaan yang lebih canggih lagi dan mahal, seperti PCR
(Polymerase Chain Reaction) dan Elispot dengan sampelnya dari darah
penderita.
PCR untuk mendeteksi badan kuman Mycobacterium tuberculosae, dan Elispot
untuk memeriksa adanya antibodi terhadap kuman tersebut.

Test mantoux memang dapat menghasilkan positip palsu atau negatip palsu
yang berkaitan dengan kondisi si anak tersebut.
Negatip palsu dapat terjadi pada anak yang kurang gizi atau daya tahan
tubuh yang lemah seperti yang terjadi pada penderita AIDS. Sedangkan pada
orang dewasa yang pernah terpapar TBC dapat menghasilkan positip palsu,
walaupun secara klinis dia sehat.

Jadi pemeriksaan penunjang tersebut ada kelebihan dan kelemahannya. Yang
penting adalah melihat keadaan perkembangan klinis si anak tersebut yang
ditunjang dengan pemeriksaan yang spesifik dan sensitif.
Silahkan Anda kontrol kembali ke dokter anak Anda untuk dipantau secara
berkala.

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Tuberkulosis

Sementara itu, dr Tjandra Yoga Adhitama SpP(K) menjelaskan penyakit
tubarkulosis (TB) kerap terjadi pada ODHA. TB yang tidak diobati dengan
benar akan membuat HIV menjadi AIDS dan berakhir dengan kematian. Itu
terjadi karena kuman TB di Indonesia cukup banyak. Apalagi jumlah
pengidap TB Indonesia termasuk nomor tiga terbesar di dunia.

Dikatakan, orang yang terinfeksi HIV, karena daya tahan tubuhnya lemah,
kuman TB yang 'tidur' dalam tubuh menjadi aktif. TB pada ODHA bisa
disembuhkan dengan obat-obatan TB yang dipakai oleh pengidap TB tanpa
HIV.

Biasanya kamatian ODHA disebabkan TB yang tidak tersembuhkan atau karena
penyakit lain.

Menurut Tjoandra seseorang dengan tes Mantoux positif (terinfeksi kuman
TB) berisiko mengidap TB 5-10 persen selama hidupnya.

Sadangkan pengidap HIV yang tes Mantoux positif berisiko delapan persen
dalam setahun untuk mengidap TB. Penelitian di Rwanda menunjukkan
pengidap HIV dengan tes Mantoux posif berisiko 22 kali lebih sering
mangidap TB daripada orang yang tes Mantouxnya positif tetapi HIV
negatif.

Dijelaskan ada mekanisme yang menyebabkan TB pada ODHA, yaitu reaksi
terhadap infeksi baru yang progresif dan terinfeksi. Dengan jumlah
limfosil (antibodi) CD4 sebanyak 400, seseorang ODHA bisa mengidap TB.

Tingginya angka kejadian TB pada ODHA menyebabkan obat TB kini dipakai
bersama antiretrovital. (N4)