Pak Jusuf, saya mau sharing. Saya juga mengalami hal itu waktu usia kehamilan 7 bulan. Setiap bangun pagi, jari2 tangan terasa kaku dan tidak bisa ditekuk. Begitu juga kalau agak lama tidak digerakan, misalnya kalau agak melamun di depan monitor dan tangan di atas keyboard. Saya konsultasi ke beberapa dokter dan teman, mereka bilang gejalanya sama seperti rematik. Saya dilarang mandi malam, mandi pakai air hangat, mengurangi makan garam, macem2 lah. Kadang ada hubungannya, kadang malah aneh. Saya juga konsultasi ke dokter kandungan, malah sempat periksa darah, katanya ada kuman or something trus dikasih obat (maaf, sudah lupa). Tapi semua usaha di atas gak ada hasilnya. Alternatif terakhir yang saya pertimbangkan adalah terapi urine, tapi sampe berbulan2 saya gak punya nyali buat nyoba.

Sampai usai melahirkan, rasa kaku dan sakitnya masih ada. Yang paling menyeramkan adalah saat menggendong dan menyusui. Saya kuatir gak kuat tahan sakitnya, trus bayinya jatuh. Tapi untungnya tidak pernah terjadi.

Anehnya, setelah usia bayi memasuki 4 bulan, tiba2 rasa kaku dan sakitnya mendadak hilang sendiri. Saya gak ngerti penyebabnya apa, dan gak tau penyembuhannya gimana. Saya gak tau nih, apa kondisi saya sama seperti istrinya Pak Jusuf, tapi mudah2an bisa segera sembuh ya Pak.

----- Original Message ----- From: "Jusuf Jaya Kusuma" <[EMAIL PROTECTED]>
To: <balita-anda@balita-anda.com>
Sent: Monday, September 05, 2005 12:54 PM
Subject: [balita-anda] jari tangan kaku saat hamil ?

Dear parent,

saya ingin tanya ke teman-teman sekalian atau bpk/ibu Dokter.. (jika join di
milis ini ) perihal kondisi tangan saat hamil.

Istri saya sedang hamil 6 bulan, kini ada keluhan setiap pagi jari tangan
terasa kaku dan sangat sulit di tekuk /menggenggam, dulu ( bulan ke 5 ) ada
keluhan tangan terasa panas dan terbakar saat menjelang pagi ( tapi kini
sudah tidak ).

kira kira apa yg menyebabkan hal ini ? apakah masalah disebabkan kurang
kalsium ( padahal sudah konsumsi vitamin dokter folavit dan CDR )

apakah hal ini wajar ?apa yg harus dilakukan ?

mohon info dari rekan rekan sekalian.terima kasih.

The information transmitted is intended only for the person or the entity to which it is addressed and may contain confidential and/or privileged material. If you have received it by mistake please notify the sender by return e-mail and delete this message including any of its attachments from your system. Any use, review, reliance or dissemination of this message in whole or in part is strictly prohibited. Please note that e-mails are susceptible to change. The views expressed herein do not necessarily represent those of PT Astra International Tbk and should not be construed as the views, offers or acceptances of PT Astra International Tbk.

AYO GALANG SOLIDARITAS UNTUK MEMBANTU KORBAN MUSIBAH DI ACEH & DAN SUMATERA UTARA !!!