Iya betul ada 2 option:

PERTAMA:
Beli  1 unit server + antivirus & spyware/ad-aware (corporate/enterprise)
Budget diawal memang lumayan tapi untuk berikutnya jadi lebih mudah karena
sdh client-server based.

KEDUA:
Dari pengalaman, memang kurang efektif jika hanya mengandalkan antivirus
hanya pada satu software saja (maklumlah tiada gading yg tak retak). Makanya
kebanyakan temen2 saya melengkapi kompi nya dengan antispyware, ad aware
selain antivirus. Katakanlah selain menginstal symantec antivirus/mcAfee
biasanya juga diinstal Ad-Aware dan Spyware. Untuk komputer yg sifatnya
standalone/bukan client-server based, cukup banyak koq freeware yang
bagus-bagus di Internet. Search aja di Google.co.id dgn keyword
free spyware ad aware antivirus.

Beberapa merk antivirus yg cukup terkenal:
Symantec Norton Internet Security 2005 (www.symantec.com)
McAfee Internet Security Suite  (www.mcafee.com)
Trend Micro PC Cillin Internet Security 2005 v.12 (www.trendmicro.com)
Microsoft Windows AntiSpyware - free, meskipun msh beta tapi cukup lumayan
(http://www.microsoft.com/athome/security/spyware/software/default.mspx)
de-el-el.

Dan seperti sdh disebutkan oleh Moms & Dads lain, mesti rajin mengupdate.
Selamat memerangi virus!!!

Ayahnya Junita