Dear pak,
 speechless pas baca e-mail bapak. mohon maaf ya, tanpa mengurangi rasa
hormat ke istri bapak, apakah sudah dipertimbangkan masak2 dengan memberikan
antibiotik sekian banyak jenis, bahkan sampai yang paling ampuh sekalipun,
ke anak? bahkan hingga sampai 3 bulan?
 dari sedikit yang saya tahu, antibiotik memang digunakan u/ penyakit
infeksi akibat bakteri. Namun penggunaannya pun seharusnya sangat hati, dan
dosis serta daya tangkalnya dipilih yang memang sesuai dengan bakterinya.
Bukannya apa2, takutnya yang ada malah antibiotic resistance, dimana si
bakteri menjadi kebal terhadap aneka jenis antibiotik, bahkan yang paling
ampuh sekalipun. Sifat alami makhluk hidup kan survival for the fittest, ya
pak. Jadi semakin ditekan, si bakteri akan semakin cari akal u/ bertahan.
Akibat terburuknya ya AB resistance itu tadi, si bakteri jadi mutasi. Nah,
kalau sudah begini, dengan apa lagi kita akan melawannya.
 Coba cari tahu efek samping AB yang sudah diberikan.BIasanya saya cari di
medicastore.com <http://medicastore.com>.
 U/pilek anak bapak, kalau boleh tahu, pada waktu kapan biasanya dia meler?
apa sepanjang hari atau waktu2 tertentu2 saja (misalnya pagi/malam)? apa ada
kemungkinan alergi pada debu/dingin?
 obat yang paling ampuh u/ pilek ya daya tahan tubuh, pak. karena pilek
mostly disebabkan oleh virus, yang ndak bisa dilawan dengan antibiotik.
jika karena alergi, penangkalnya ya hindari pencetus alerginya. jika alergi
debu, ya harus sering2 dibersihkan kamarnya.
 u/ sinusitis, sepertinya harus ditentukan o/ dokter, ya pak.
 sedangkan u/ amandel, justru jika terlihat membesar, itu tandanya dia
sedang bekerja keras melawan kuman jahat. amandel itu salah satu bentuk
pertahanan tubuh.
 mohon maaf jika kurang membantu,
=listi=
http://jarangtulis.blogspot.com

 On 9/21/05, A Yulius Sancoko <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Rekan-rekan,
> Numpang nanya (walaupun sudah lewat balita), anak saya laki2 umur 6
> tahun. Sejak bulan Juli 2005 lalu dia menderita pilek yang sampai saat
> ini tidak kunjung sembuh. Pada saat pilek tidak ada keluhan lain seperti
> demam, sakit kepala atau yang lain, dia beraktifitas seperti biasa,
> hanya lendir pilek nya tidak henti berproduksi. Anak saya juga memiliki
> amandel yang menurut saya besar (sampai tidurnya cenderung ngorok).
> Karena istri saya dokter (residen Paru), istri saya memberikan berbagai
> [...]

Kirim email ke