Dear Reni,
ikutan sharing ya ...
sebelumnya kalo boleh tau dulu Daffa lahir prematur ga .. (lahir sebelum 9
bln or lahir dg bb dibawah 2,5 kg), krn bayi prematur mmg perkembangannya
sedikit agak lambat dibandingkan dg bayi yg tdk prematur meskipun nantinya
bisa mengejar ketinggalannya juga dan sama dgn perkembangan bayi2 lain yg
tdk prematur ...
selama yg aku tau urutan perkembangan masing2 anak mmg berbeda ... ada yg
normal merangkak-titah-jalan, ada yg tdk melewati masa merangkak tp lgs
titah dan jalan, tp ada jg yg tdk merangkak tp ngesot/merayap-titah-jalan.

Gabby jg ga pake merangkak tp lgs rambatan (8bln) -titah (9 bln) trus jalan
sendiri (11,5 bln), usia 6 bln sdh bisa duduk tegak kalo didudukkan tp baru
bisa duduk sendiri dan berdiri sendiri (cul-culan) ya pas 9 bln ke atas itu

trus masalah gigi aku liat Daffa masih normal kok ... Gabby tumbuh gigi
pertama pas usia 7,5 bln dan 1 thn dah 8 giginya, anak temenku stlh 1 th
baru tumbuh giginya (lahir tdk prematur) dan yg satunya lg jg tumbuh gigi
stlh 1 thn dan bisa jln pas 16 bln (lahir prematur) dan sempet ditanyakan
ke dsa dan drg blio bilang masih wajar dan normal kok ... cuman dikasih
elkana aja ..

jadi .. aku liat perkembangan Daffa masih wajar palagi dia aktif banget dan
respon dg mengambil mainan yg ada didekatnya, mungkin bb-nya jg perlu
diperhatikan jgn sampe kegendutan krn Gabby dulu jg sempet ndut (umur 1 th
bb-nya 13 kg-an, skrg 5 th 24 kg) tp untung aja dia termasuk tinggi ...
tp klo Reni mau lebih pastinya boleh jg konsultasi ma dsa-nya kan sekalian
imunisasi ...

OK semoga bisa membantu ya ... salam buat Daffa ...

GBU
Devi, mama Gabby

__________________

Dear All Smart Parents..

mau sedikit sharing nich........
my daffa sekarang ini umurnya 8.5 bln, tapi..... hiks..hiks.... belum bisa
duduk sendiri masih harus dibantu.... dan untuk perumbuhan gigi juga ,...
belum..
tapi aku perhatiin dia itu aktif buanget.... apa yang kita kasih dia mau
ambil. kl  bendanya dijauhin diaberusaha ambil dgn "ngesot" ini kalo
bermain
ditempat tidur yach, dan aku juga dah coba di
lantai ngga masalh dia aktif banget..tapi kenapa yach seumuran daffa belum
bisa duduk..
sedangkan kalo menurut cerita temen2xku nich seharusnya seumuran
anakku..itu
dah ada giginya
man 4/6 or dah bisa titah dll....dan aku liat sepupunya juga sama dah bisa
duduk giginya dah banyak....sebenarnya it's normal or not...
aku jadi takut juga..sampai terbersit apa anakku harus dibawa ke klinik
tumbuh kembang balita?
dear all tolong aku yah adakah yg punya pengalaman yg sama? to mba' intan,
mba' uci, mba' luluk dan moms yang lain please sharingnya... and makasih
yah..

oo iya my daffa beratnya sekarang itu mungkin yach dah 9 kiloan lebih
persisnya sabtu ini br mau ke dsa to imunisasi..

thanks to all.

Reni
Nyaknyedaffa

DISCLAIMER :

The information contained in this communication (including any attachments) is
priveleged and confidential, and may be legally exempt from disclosure under
applicable law. It is intended only for the specific purpose of being used by
the individual or entity to whom it is addressed. If you are not the addressee
indicated in this message (or are responsible for delivery of the message to
such person), you must not disclose, disseminate, distribute, deliver, copy,
circulate, rely on or use any of the information contained in this transmission.

We apologize if you have received this communication in error; kindly inform
the sender accordingly. Please also ensure that this original message and any
record of it is permanently deleted from your computer system. We do not give
or endorse any opinions, conclusions and other information in this message that
do not relate to our official business.