Tidak ada yang menyalahkan Ibu atas ketidak-mampuan Ibu memberikan ASI
untuk anak ibu. Jika memang usaha Ibu sudah maksimal untuk memproduksi
ASI bagi anak Ibu, apapun hasilnya, itulah kuasa Tuhan. So, don't be sad
of..

Kayaknya kalo memang si kecil belom bisa ngunyah karena jumlah gigi
masih sedikit, memang agak susah bagi kita untuk berharap si bayi mau
mengunyah makanannya. Sabar aja, proses belajar sedang berlangsung. Yang
perlu kita perhatikan :
A>. Perhatikan kualitas makanannya, tetap halus dan berkualitas.
B>. Jaga nafsu makannya, kayaknya masih bagus.
C>. Monitor BAB-nya, jika memerah dan atau mencret, ada indikasi masalah
di ususnya. Berikan makanan yang lebih halus lagi, susu berenergi pun
tak masalah. Jika BAB masih bagus, ada indikasi usus si kecil udah oke
untuk makanan halus tak dikunyah.
D>. Jika masih ragu, konsultasi ke dokter keluarga, gak perlu datang
langsung dan pake biaya, cukup telepon beliau (jika beliau bersedia,
tapi jangan sering-sering, dan ini biasanya gratis).

Semoga bermanfaat, semoga si kecil jadi makin pintar..
Salam buat Ryuzo dan keluarga Tanokura..