From: Jeanne Ario [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Sent: Thursday, November 10, 2005 08:09 AM
To: balita-anda@balita-anda.com
Subject: Re: [balita-anda] OOT: cara nego beli rumah second

Mba wiwi,

saya jg coba bantu tambahin ya..
sama dgn mba devi, 2,5 th lalu juga saya beli rumah 2nd di bilangan BSD via KPR
juga.

selain tanya status sertifikat, LT,LB and so on, yg patut diperhatikan juga
adalah kondisi bangunannya.
Krn yg akan dibeli adalah rumah 2nd, kita wajib tanya umur  bangunan tersebut.
kalau masih dibawah 10 th, biasanya kondisi masih ok lah, krn menurut om ku yg
arsitek sih umur bangunan (khususnya rumah) maksimal 25th, kalau lebih dr itu
biasanya banyak sekali yg harus dibenahi. Karena untuk benahi yg cuma
pritil-pritil habisnya bisa jutaan loh, Apalagi semua bahan bangunan udah naik
juga...

Saranku sih, sebaiknya yg mau beli langsung datang ke lokasi bawa tukang (yg
sudah dipercaya tentunya) dan minta ijin dgn yg punya rumah untuk cek sampe ke
genteng2. Menurut aku ini penting banget, supaya kita tahu apakah ada genteng
yg rusak/bocor. Jangan sampai udah beli rumah ratusan juta, eh ga taunya begitu
hujan baru ketahuan deh bocor sana-sini.

Selain itu, mesti cari tahu juga apakah daerah tersebut banjir. tau sendiri kan
Jakarta, baru hujan
1/2 jam aja,banyak daerah yg banjir.

O ya, buat info aja, kalau pinjaman/KPR diatas 100juta pihak Bank mewajibkan
kita punya NPWP mba. Dulu dr bank tempat aku KPR, boleh salah satu aja, boleh
suami atau istri.

kalau beli rumah dgn KPR sih biasanya surat2 lebih aman, krn sebelum pihak bank
menyetujui KPR yg kita ajukan, biasanya mereka akan minta notaris yg Bank
tunjuk untuk cek seluruh surat2 rumah mulai dr sertfikat sampai PBB.

moga2 bermanfaat,

mama-nya Keiza