Mbak Sandra,

Ini aku copy-past-in dari mail-list sehat yach...
Disana juga dibahas tentang TBC rahim ini..

Kutipan:

 From: "Siahaan, Nelsy" <[EMAIL PROTECTED]>
Date: Tue Nov 22, 2005  4:58 pm
Subject: FW: [sehat] TBC Rahim?  [EMAIL PROTECTED]
 Send Email

Dear Pak Gendi, Mbak Triana & SPs lain yg menanggapi,

Mohon maaf saya hanya menambahkan saja keterangan dari Pak Gendi.
Berhubung saya bekerja di program TB dan mendapat informasi langsung
dari orang yang berkompeten dalam penyakit TBC, saya akan sharing untuk
bahasan ini ya...
Kalimat yang di dalam tanda kurung dan/atau dgn huruf capital adalah
tanggapan saya yang telah dilihat & dibaca serta dijawab bersama dengan
Dr ahli paru yang bekerja di bagian TB di WHO.
Semoga berkenan dan dapat membantu...

(Gejala utama TB paru adalah BATUK)
Gejalanya TB paru adalah:
- batuk (LAMA)yang berlangsung selama 3 minggu atau lebih, (BERDAHAK dan
BISA BATUK DARAH) mengeluarkan dahak yang berdarah;
- rasa sakit timbul ketika bernafas atau batuk (NYERI DADA).
- demam tingkat rendah (37.5-38 c) yang tidak hilang-hilang;
- berkeringat pada malam hari;
- kehilangan berat badan tanpa sebab yang jelas (biasanya pada balita);
- menggigil (TIDAK)
- kehilangan nafsu makan;

Apabila orang dewasa tsb akan bersarang paru2 (pulmunory TB)...jadi
paru2 merupakan organ pertama & yg utama terinfeksi TB. Kuman TB juga
bisa menyebar ke organ2 lainnya (extra pulmonory TB) melalui aliran
darah dan sistem limpa (betul gak yah? cmiiw)...bisa ke tulang & sendi,
otot, saluran kemih dll.

(APABILA SESEORANG - baik anak maupun dewasa) terinfeksi TB, (biasanya
kuman TBC masuk melalui jalan nafas dan akan bersarang di paru-paru.
Orang yang terinfeksi kuman TBC tidak selalu menjadi sakit, meskipun
kuman TBC bersarang di tubuhnya. Yang bersangkutan akan menjadi sakit
bila oleh suatu keadaan daya tahan tubuh menurun dan kuman TBC
berkembang biak dengan cepat dan merusak jaringan yang menyebabkan ybs
jatuh sakit TBC).

menurut saya kalau rahim terinfeksi TB, pasti paru2nya juga terinfeksi
dan
kemungkinan sudah cukup parah dan terlihat gejala2nya. Nah apakah teman
mba ada gejala TB? Diagnosa TB dewasa dilakukan dgn melakukan x-ray
paru2...sebagai tes tambahan bisa juga dilakukan tes dahak. Kalau boleh
tahu, tindakan apa saja yg dilakukan sehingga di diagnosa TB rahim?

(BILA SESEORANG MENDERITA EXTRA PULMONORY TB, TIDAK SELALU ORGAN PARUNYA
JUGA TERSERANG. DIAGNOSIS TBC PARU PADA ORANG DEWASA BERDASAR
DITEMUKANNYA KUMAN TBC DI DALAM DAHAK YBS. CARA PEMERIKSAAN DENGAN
MEMERIKSA DAHAK PENDERITA DI BAWAH MIKROSKOP. PEMERIKSAAN X-RAY
MERUPAKAN SARANA BANTU DIAGNOSIS, BUKAN SARANA UTAMA DIAGNOSIS).

---

sorry ada yg kelupaan...dirumah teman mba ada juga yg sakit TB kah?
karena kemungkinan besar TB itu ditularkan oleh penderita TB (PARU)
aktif dewasa (YANG PERLU DITEKANKAN : TB YANG MENULAR ADALAH TB PARU),
Menurut mayoclinic, u/ tertular TB perlu waktu kontak dgn penderita TB
aktif selama 8 jam/hari selama 6 bulan. (masih perlu diteliti lagi)

Apabila positif TB, selain kita mengobati diri sendiri (diagnosis dan
pengobatan mohon diserahkan kepada ahlinya agar penanganan dapat tuntas
SAMPAI DINYATAKAN SEMBUH) juga musti dicari siapa penularnya.

Berikut juga saya lampirkan jawaban untuk pertanyaan mengenai TBC rahim
:

Dear Nelsy,

As you are aware, TBC bisa menyerang semua organ tubuh, termasuk rahim.
However it is very, very rare. Diagnosis based on pathology anatomy,
artinya stelah rahim diangkat, diambil sedikit jaringan rahim dan
diperiksa dibawah mikroskop. Bila ditemukan gambaran yang spesifik
dengan jaringan sakit yang khas untu TBC, maka diagnosis TBC bisa
ditegakkan.
Biasanya sebelum dilakukan pemeriksaan anatomi patologi, kelainan karena
TBC di organ tubuh lain selain paru, belum bisa didiagnosis secara
pasti. Biasanya baru dengan yang namanya differential diganosis (
beberapa persangkaan penyakit dengan gejala yang mirip).
As you also aware TB diagnosis is confirmed based on:
1. The finding of TB bacilli on culture.
2. Pathology anatomy finding.
Jadi kalau ibu ybs memang sudah didiagnosis TBC rahim, tentunya dia
harus mendapatkan pengobatan sebagaimana penderita TBC lainnya, meski
rahim sudah diangkat. Selain itu juga harus dievaluasi apakah ada
kemungkinan terdapat juga kelainan karena TBC diorgan lain.

Semoga Nelsy cukup puas dengan penjelasan saya.

Dr SPB

Nelsy Siahaan
TB Programme
World Health Organization
Jakarta, Indonesia
Tel. 62-21-520 4349
Fax. 62-21-520 1164
E-mail: [EMAIL PROTECTED]

Moga-moga bisa ngenatu yach

Astuti
Bundanya Barra yangjugabarubacatentangTBCrahim