mmg semua kembali lagi ke ortu masing2 ...
tp alangkah baiknya kita selaku ortu "open minded"  terhadap pengetahuan2 n
penemuan2 terkini klo mmg itu demi kebaikan anak2 kita .... krn kita tdk
bisa menolak perkembangan jaman dimana sdh banyak sekali penelitian2 ttg
hal2
yg menuju ke arah perbaikan ...
kenapa saya bisa bilang begitu krn saya melihat sendiri ada bbrp kasus ttg
pemberian makan yg terlalu dini ini dimana salah satunya anak temen adik
saya yg sampai skrg si anak menderita kelainan di lambung n pencernaannya
(sering keluar masuk rumkit) cuman gara2 sebelum 4 bln dikasih makan pisang
mama saya jg sempet ngasih pisang ke anak saya (umur 3 bln-an) tp Puji
Tuhan anak saya baik2 aja ... tp saat itu jg saya beri pengertian ke mama
saya bhw itu tdk boleh mmg mungkin dulu sprt itu ... akhirnya mama saya
mengerti dan saya kasih artikel2 yg mendukung akhirnya skrg malah blio yg
paling streng n berkampanye ttg masalah pemberian makan yg terlalu dini ini
ke org lain hehehe ...

ini saya copy pastekan kembali artikel dr BA ....

Devi, mama Gabby
________________________________

Hi mbak Devi,
Baca e-mail mbak, saya jadi buka kembali diary-nya Jovan anak saya.  Selain
ASI hingga sekarang ini, ternyata dia diperkenalkan pertama kali dengan
makanan padat (biscuit bayi) saat usianya 4 bulan 1 minggu, lalu setiap 2
minggu berikutnya mulai diperkenalkan buah, bubur susu, mulai dari yang
instant dengan variasi rasa hingga tim saring buatan sendiri dan sampai
sekarang (usia 15,5 bulan) sudah sama dengan menu keluarga.  Saat itu
memang saya meng-agendakan makanan padat setelah usianya 4 bulan, itu pun
karena saya keburu ‘gave up’ dan sudah cukup kuatir melihat nafsu makannya
yang luar biasa dan selalu kelihatan lapar, sehingga rasanya ASI on-demand
kok tetap saja nggak mencukupi :)

Mungkin ada moms yang punya pengalaman memberi anaknya solid food sebelum
usia 4 bulan dan tidak ada bahaya atau efek samping.  Saya juga mungkin
termasuk produk ‘baby yang diberi makan sebelum usia 4 bulan’ oleh ibu saya
dan sehat-sehat saja sampai sekarang :)

Cuma untuk saya pribadi, setelah baca berbagai artikel ttg. hal ini, ya…
diikuti dan dipraktekkan saja. Mungkin konsep memberikan solid food untuk
anak di atas usia 4 bulan ‘ternyata lebih baik’ untuk saya dan anak saya
(kalau minjam kata orang sih, ‘if better is possible, good is not enough’
he..he)

Oya, saya kutip dari sekian artikel yang berhubungan dengan pertanyaan mbak
Devi ya,

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Banyak alasan di balik ketentuan untuk memberikan makanan padat pada bayi
saat ia mencapai usia 6 bulan, di antaranya:

1. ASI dan susu formula mudah dicerna bayi dan sudah menyediakan semua
kalori dan nutrisi yang dibutuhkan bayi untuk bertumbuh dan berkembang
dengan sehat.

2. Kemungkinan terbesar munculnya alergi terjadi pada masa kecil, sehingga
mengkhususkan menu makanan bayi hanya dengan ASI atau susu formula hingga
usia 6 bulan akan mengurangi resikonya terhadap zat-zat pencetus alergi.

3. Sebelum usia 4 bulan system ginjal bayi belum cukup ‘matang’ menghadapi
makanan padat dan lebih sulit bagi getah lambungnya  untuk mencerna
protein. Pada usia 6 bulan atau 2 bulan setelah bayi makan makanan padat,
kerja system lipase dan lactase untuk enzim-enzim pencerna protein dan
lemak sudah sempurna, sehingga kemungkinan terjadi BAB keras dapat
dihindari (kalau pun masih terjadi pada usia tsb., lebih dikarenakan pola
makan atau jenis makanan kurang sesuai)

4. Koordinasi otot saraf bayi berusia di bawah 4 bulan belum berkembang
sempurna, dalam arti ia belum dapat melakukan postur yang benar dalam
aktivitas menelan.

Info lengkapnya bisa di-klik di:

http://www.babycentre.co.uk/refcap/113.html

http://babycentre.co.uk/expert/3534.html

http://tabloid-nakita.com/artikel.php3?edisi=05226&rubrik=bayi

kalau tidak salah, di arsip artikel milis (www.balita-anda.com) juga ada
yang membahas tentang ini.

Hope that helps,

Sylvia – Jovan’s mum
 maaf, bp ruskandi ini
seorang dokter kah ??

wah senangnya ada tenaga medis dalam hal ini seorang dokter yang bersedia
join dengan milis kita
mudah2an banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari dr

terima kasih