From: "Vincentia Divka" <[EMAIL PROTECTED]>
To: <balita-anda@balita-anda.com>
Sent: Tuesday, December 06, 2005 8:24 AM
Subject: Re: [balita-anda] Pre--school u/ baby 6 bulan efektif ga' sih?

sekedar sharing .....
anak saya Jasmine waktu 9 bulan saya ikutkan Tumble Tots, supaya dia ada
selingan kegiatan dan orang2 di rumah bisa mencontoh aktivitas apa yang
diajarkan di sana untuk dipraktekan sehari-hari (saya sendiri harus
meninggalkan anak untuk tugas di Jepang selama 3 bulan)
kelasnya waktu itu BabyGym (6 bln - walking), begitu sudah bisa jalan
sendiri program tersebut berakhir untuk dia dan dilanjutkan ke jenjang
berikutnya
BabyGym merangsang bayi untuk menggunakan dan melatih otot2nya melalui
alat2 dan ortunya diajarkan untuk mendukung kegiatan bayi dengan melakukan
pemijatan di daerah tulang belakang, dll.
menurut saya program ini cukup efektif.
tetapi lain dari tahapan selanjutnya yaitu (walking to 2 years), yang mana
menjadi tidak ada achievement tertentu di akhir dari program (hanya
menyediakan wadah untuk beraktivitas yang sesuai untuk usia 1-2 th)
sedangkan untuk rata-rata umur tsb, anak-anak masih 'sibuk' dengan
dunianya sendiri jadi agak sulit untuk diarahkan (menurut pengakuan dari
aunty/uncle-nya), jadi kebanyakan waktunya dipakai untuk bermain bebas
dengan alat-alat, untuk kegiatan menyanyi, melakukan gerakan meniru
aunty/uncle di tengah kelas hanya sedikit yang bisa mengikuti selainnya ya
diam ngelamun, mondar-mandir, asyik sendiri dengan kegiatannya. Program
ini kurang efektif menurut saya.
Untuk kegiatan2 yang diadakan di kelas saya ganti dengan video/tv channel
Playhouse Disney di rumah (yang kebetulan anak saya suka sekali), karena
banyak menghabiskan waktu menonton dan programnya bersifat repetisi, anak
belajar dengan lebih mudah untuk menirukan kata-kata dan aktivitas yang
ada dalam program. Saya anggap ini bisa menjadi sekolah di rumah.
Sekian sharing saya ... semoga bermanfaat untuk yang lain

Vincentia

On Sun, 4 Dec 2005 15:42:57 -0800 (PST), dhani resya
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Ga apa2 Mba, aku kan lagi jajak pendapat kira2 lebih
> banyak mana buat bahan pertimbangan gitu lho. Soalnya
> aku bingung mau masukin rara atau ga'. Kalo memang
> t'nyata ga begitu efektif ya buat apa dimasukin juga.
> Hayooo yang lain mana pendapatnya?
>
> Rgrd,
> Mamanya Rara
> www.babiesonline.com/babies/m/malika