Berikut ini jadwal pemberian imunisasi yang sumbernya saya dapat dari buku
Panduan Kesehatan Keluarga tahun 1996.

Jadwal Pemberian                Jenis Vaksin
Waktu Lahir                     BCG, Hepatitis B (dosis I)
Umur 1 bulan                    Hepatitis B (dosis II)
Umur 2 bulan                    DPT dan Polio (dosis I)
Umur 3 bulan                    DPT dan Polio (dosis II)
Umur 4 bulan                    DPT dan Polio (dosis III)
Umur 5 bulan                    Polio (dosis IV)
Umur 6 bulan                    Hepatitis B (dosis III)
Umur 9 bulan                    Campak
Kelas I SD                      DT (dosis I & II)
Kelas VI SD                     TT (dosis I & II; khususnya siswi)
Semua jenis vaksin yang tercantum diatas kecuali Hepatitis B saat ini
diberikan secara gratis di semua pelayanan kesehatan pemerintah sampai ke
tingkat posyandu. Kecuali untuk NTB ( kalo nggak salah mas ini tinggalnya
disana khan?) vaksinasi Hepatitis B juga diberikan di posyandu mengingat
masih endemis. Mengenai yang satu ini saya tahu karena saya sendiri selama
3 tahun bertugas di NTB (1995-1998).

Regards
Ida

Anak saya berumur 18 hari...saya mau tanya:

1. Imunisasi apa saja yang harus diberikan kepada anak saya tersebut.
2. Berapa kali sekali?
3. Kapan ?

terima kasih
Indra Listyo