Berbagi pengalaman,
Pada waktu saya hamil setiap bulannya pemeriksaan di RS. Siloam
Gleneagles - Lippo Karawaci,  dilakukan dengan USG dan itu harus karena
prosedur di RS / Dokter saya itu begitu, kecuali ada permintaan dari si
pasien dan si pasien paraf di kartu periksa bulanan yang ada tulisan
tangan bahwa dia tidak di USG, karena Dokternya
( Dokter A  lulusan German ) tidak mau disalahkan/dituntut apabila
kemudian ternyata ada kelainan dan dia tidak tahu karena memang
pemeriksaan di sana berdasarkan USG.
Saya  tanyakan masalah ini pada waktu saya hamil, karena saya sendiri
waktu itu ragu-ragu / pro dan kontra.
Selanjutnya saya cari tahu dari buku dan jawabannya tidak apa-apa/ tidak
berbahaya karena sudah disesuaikan dengan kondisi bayi dan itupun
mengunakan teknologi suara sehingga tidak menggangu bayi.
Kalau kita perhatikan sekarang ini  untuk USG kebanyakan   ( TIDAK SEMUA
) sudah tidak perlu menahan air kecil lagi karena sudah tidak diperlukan
sebab teknologinya sudah berubah ke suara, benar ndak ???
Karena saya sendiri sudah berasa cocok dengan Dokter tersebut jadi untuk
saya tidak masalah dan sekarang anak saya berumur 2 tahun dan
sehat-sehat saja.  Mengenai kemungkinan kena penyakit tertentu saya
belum tahu (mudah-mudahan janganlah )  tapi apakah Bapak atau Ibu Bima
ada buku referensinya ?
Semoga membantu.

Diana Hartanu