Mohon maaf sebelumnya saya harus panggil apa keanda ......?
saya asumsikan ibu saja dech....ok

Begini bu .......yach.
Sepengetahuan saya (ini saya baca ketika istri saya lagi hamil, saya lupa
literaturnya) bahwa penelitian mengenai dampak USG ini sendiri masih belum
jelas betul jadi ada yang berpendapat bahwa penggunaan USG tersebut tidak
berdampak apa-apa pada janin dan ada yang berpendapat bahwa akan berdampak
negatif.
Dokter DSOG yang saya temui ketika istri saya hamil hanya melakukan 2 kali USG
yaitu saat hamil muda (kira-kira 3 bulan) dan hamil tua (kira-kira 8 bulan).
Oleh karena itu saya anjurkan supaya ibu analisa sendiri....
Ada sedikit gambaran dari saya bahwa USG itu menggunakan pantulan gelombang
suara yang mempunyai frekwensi tinggi. Dimana pada frekwensi tinggi telinga
manusia sudah tidak mampu mendengar suara tersebut . Pendengaran manusia
menpunyai range frekwensi antara 50 - 15000 Hz. kontroversialnya adalah disini
ukuran dari pendengar manusia itu adalah dipengaruhi oleh Intensitas dan
frekwensi dimana dipasaran biasanya sering disebut Decibel (dB). Occupational
Safety and Health Agency (OSHA) menjelaskan bahwa untuk manusia (bukan Janin)
besarnya suara tidak boleh lebih besar dari 90 dB yang didengar secara terus
menerus. Dampaknya adalah akan merusak telinga manusia. Oleh karena itu amat
susah bagi kita untuk menentukan apakah berbahaya atau tidak sebelum ada
research yang jelas untuk janin dengan frekwensi tinggi dengan intensitas
tertentu.
Demikian sedikit tanggapan saya

Mardanil