Mbak Dinah, masalah ini pernah juga saya alami.  Anak saya bawa ke dokter,
dokter melihat pada duburnya yang berwarna merah, dan dokter langsung
menyarankan berikan susu dengan takaran yang dikurangi, dengan tujuan agar
laktosaya agak berkurang.  Setelah saya lakukan, dan memang betul dubur anak
kembali berwarna normal (merah kehitam-hitaman).  Dan juga kalau buang air
tidak susah, padahal sebelumnya setiap mau buang air besar pasti nangis
karena perih.

Susu rendah laktosa = susu yang dengan kandungan asam/ragi yang rendah.
Maaf kalau salah.

http://www.mail-archive.com/balita-anda@indoglobal.com/