Mbak Dinah,
Saya punya pengalaman diminta Dokter untuk menggunakan susu rendah
laktosa pada waktu anak saya menderita sakit perut sehingga BAB-nya cair
(mencret). Susu rendah laktosa itu setahu saya adalah susu sapi yang
kadar laktosanya sudah diturunkan sampai hampir mendekati 0. Ini
biasanya diberikan pada bayi yang tidak dapat mengkonsumsi laktosa
(pencernaannya tidak mampu mentolerir adanya laktosa dalam susu), salah
satu cirinya ya itu tadi jadi BAB terus dan BAB-nya cair. Di pasaran
setahu saya ada yang jenisnya Low Lactose (laktosanya masih ada tapi
rendah sekali) dan Free Lactose.
Anak saya, setelah mencretnya sembuh, bisa kembali minum susu biasa.
Tetapi ada anak teman saya sampai kira-kira satu tahun hanya bisa
mengkonsumsi susu Low Lactose. Katanya memang kemampuan mentolerir
laktose ini akan meningkat setelah anak berumur satu tahun. Jadi sampai
1 tahun-an mungkin si anak masih harus minum yang low lactose. Kalau
sama sekali tidak bisa mentolerir susu sapi biasanya diberikan susu yang
dibuat dari kacang kedelai (Soya).
Demikian mbak Dinah, mudah-mudahan ada gunanya.

Salam,
Dita