Istri saya sedang hamil 5 bulan dan akhir-akhir ini dia mengeluh karena
bayinya bergerak sangat aktif sehingga istri saya menjadi khawatir.
Gerakannya hampir disetiap waktu, apa mungkin ada hubungannya dengan
pekerjaan istri saya yang setiap harinya mengharuskannya traveling keliling
kota. Mungkin ada yang mau berbagi saran ...

Salam

Rully

Dear Pak Rully,

Saya pernah mengalami seperti istri Bapak.
Bayi yg saya kandung, aktif sekali.  Bergerak terus kurang lebih sejak
kandungan saya juga berumur 5 bulan.
Sampai perut saya rasanya keras dan kencang.  Sakit.
Hampir setiap hari begitu.

Akhirnya keluhan ini saya sampaikan ke dokter pada waktu kontrol.
Dan dokter memberi saya obat agar anak saya tidak bergerak terus dan  agar
perut tdk keras dan kencang terus.
Pada saat perut saya keras, dokter menyarankan untuk istirahat dgn
berbaring.
Dosis obat dokkter itu : 1 hari 1 tablet.  Tapi kalau masih terasa keras,
boleh 2 sampai 3 kali sehari (1 tablet) nama obatnya lupa tuh Pak...

Yang saya tahu, selain bawaan janin (aktif), kegiatan/aktivitas ibu juga
mempengaruhi gerak janin.

Kelihatannya, ada baiknya sedikit mengurangi aktivitas ibu selama
mengandung, dan berjalan/melangkah dgn sedikit perlahan dari biasanya.
Juga konsultasi ke dokter kandungan, dokter pasti akan menyarankan yang
terbaik untuk istri bapak.

Demikian pengalaman saya.

Salam,
Renny