ngikut nimbrung masalah bayi nangis keras,

saya setuju sekali dengan e-mail dari Elim Simeon, kalau sebaiknya kita tidak
mengabaikan SIDS (Sudden Infant Death Syndrome), meskipun pada statistik kecil
sekali, "hanya" 2 diantara 1000 bayi, yang pada umumnya terjadi pada bayi
dibawah 1 tahun.
Dari nama SIDS itu sendiri memberi arti bahwa pada kasus SIDS, kematian bayi
hampir bisa dikatakan 'tidak diketahui' sebabnya, maka dari itu harus
dihindari sebisa mungkin.
Posisi yang disarankan adalah terlentang atau miring.
Tetapi kalau memang hendak menidurkan bayi pada posisi tengkurap, pastikan
bahwa:
- alas/sprei benar2 kencang, tidak lepas atau longgar.
- bayi tidak memakai baju yang terlalu tebal sehingga ada kemungkinan
kepanasan.
- selimut, bantal/guling dihindarkan, agar tidak memberi kemungkinan menutupi
hidung.

Masalah kedua, tentang tangisan,
untuk bayi, itu adalah satu-satunya cara untuk berkomunikasi, entah itu karena
basah bajunya, kepanasan, kedinginan, lapar, haus, bosan, sakit, dsb.
Sehingga reaksi utama, adalah memberi respon, (tidak berarti harus digendong),
tapi harus memberi signal pada bayi, bahwa orangtuanya/siapa yang sedang
merawat, entah nenek, babysitter, ada disana untuk dia, supaya bayi sadar dan
bisa percaya bahwa ada orang yang akan menolongnya, memberi susu, mengganti
baju dll.

Dulu memang saya pernah mendengar juga tentang menidurkan tengkurap bisa
menguatkan jantung dsb, tapi terus terang saya belum pernah mendengar hasil
follow-up-nya, sehingga seperti dalam kasus putra Bung Andi Sanaf, kemungkinan
besar putra anda memang dikaruniai jantung dan paru2 yang sehat dan kuat, dan
sepertinya dengan resiko yang ada, mungkin untuk kita yang sudah mulai
mengenal SIDS, menidurkan bayi dengan posisi tengkurap lebih baik dihindari.

salam,

Happy Holidays to you all.

* IKLAN DOEA LIMA *
  Layanan Informasi Iklan Baris Internet * http://www.iklan-25.co.id