Yth. Pak Hendro,

Kalau pengalaman saya, setiap selesai BAK dan BAB bayi saya selalu saya
bersihkan dengan kapas basah sampai benar-benar bersih lalu saya keringkan
dengan handuk lembut dan kering. Kemudian setelah itu saya oleskan minyak
kelapa yang saya buat sendiri (tidak beli) jadi lebih bersih.
Bahkan bayi saya pernah mengalami diare sampai dirawat di ruma sakit,
sehingga duburnya sampai lecet, minyak kelapa sangat menolong menyembuhkan
lecet tersebut, karena saya oleskan salep dari dokter malah tidak
sembuh-sembuh. Sampai sekarang saya selalu sedia minyak kelapa untuk hal-hal
seperti di atas.
Dan satu yang perlu diingat, jangan menaburkan bedak pada daerah kemaluan
bayi, karena ternyata hal tersebut sangat berbahaya, seorang kenalan saya
anaknya terpaksa disunat (circumcised) pada saat masih bayi karena tersumbat
butiran bedak sehingga tidak bisa BAK.

Demikian dari saya, mungkin ada rekan lain yang bisa menambahkan.

Salam,
Ria

http://www.mail-archive.com/balita-anda@indoglobal.com/