>Kawan-kawan semua,
>
>Saya baru pulang dari ulang tahun anak teman saya. Saya pergi bersama teman
>lain (tetangga) yang anaknya berumur 1 1/2 tahunan. Saya agak prihatin
>dengan tingkah lakunya yang sangat ketakutan jika bertemu dengan org yang
>belum dia kenal. (kalau dengan saya sih sudah lengket). Di pesta ulang
>tahun itu dia berkali-kali menangis kalau disapa oleh org lain. Dia selalu
>memalingkan muka jika diliatin org dan tidak mau lepas dari gendongan
>mama/papanya. Mamanya berusaha untuk mengajak anaknya pergi ke rumah
> [...]

Rekan-rekan sekalian,
Menanggapi masalah anak pemalu, menurut pendapat saya itu bukan bawaan, tapi
ini hanya masalah sosialisasi anak saja, semakin anak kita sering ajak
bepergian atau sering keluar, misal kesupermaket dan banyak bertemu orang
maka anak tersebut akan terbiasa bertemu dengan orang asing (bagi si anak
tsb) dan biasanya menjadikan anak tersebut tidak malu bila bertemu dengan
orang yang belum dikenalnya, hal ini bila sering dilakukan pasti sianak akan
terbiasa, ini juga berdasarkan pengalaman saya, bila sianak sudah mulai bisa
bermain bersama ada baiknya untuk diikutkan Prasekolah (Play Group) atau
yang sejenisnya, tujuannya agar sianak terbiasa bersosialisasi dengan orang
lain dan bertemu dengan banyak orang yang belum dikenal dia sebelumnya, dan

usahakan agar sianak senang dengan lingkungan yang baru ini dan untuk
pertama jangan pasakan dia bila sianak belum waktunya sudah mau pulang ya
ajak saja pulang, ini
untuk mencecah supaya sianak tidak trauma sekolah maksudnya menciptakan
gambaran pada alam pikiran sianak bahwa yang namanya sekolah itu
menyenangkan, nantinya kalau ini sudah terbentuk pasti kalau ada libur
sekolah 1 minggu saja, sianak belum satu minggu masa libur usai pasti tanya
kok tidak sekolah lagi sih.

Kembali pada masalah anak pemalu pendapat saya hanya pada masalah
sosialisasi sianak semakin dini kita kenalkan pada sianak maka makin baik,
kalau masih bayi ya boleh di tidurkan dikereta bayi ajak keliling sekitar
rumah dan seringlah ajak sianak jalan-jalan walau itu hanya belanja
kesupermarket. semoga ini dapat membantu rekan-rekan semua.

Himbuan: Hormati pahlawan REFORMASI, Pasang bendera setengah tiang !