Dari pengalaman saya, kalo memang sudah campur akan susah menyuruh anak
itu tidur terpisah sampai usia yang cukup besar. Anak pertama saya
sekarang sudah berusia 3 1/2 th tapi masih menolak tidur terpisah dari
kami. Walau kita sediakan ranjang sendiri di kamar yang sama (kamar
ortu), tengah malam pasti balik lagi sama kita, jadi sekarang anak saya
yang kedua saya tidak bawa tidur bareng sama kita lagi, khawatir kita
tidak ada privacy untuk jangka waktu yang lama, sekarang aja sudah cukup
sulit. Tapi apapun keputusannya, harus diambil berdua, jangan sepihak
(suami/istri musti setuju anak mau tidur campur/terpisah)