Nadhira Khalid wrote:

> Halo lagi netters,

> [Dita]  Berkeringatnya seluruh tubuh atau hanya bagian tertentu? Sebab
> anak saya, hampir sepanjang waktu kepalanya berkeringat ?==
>
> Apa bisa menjelaskan agak lebih rinci, kira-kira bagaimana model batuk dan
>berkeringatnya??
>
> Anak saya batuknya memang nggak sering-sering amat. Jam-jamnya biasanya pada waktu
>baru bangun tidur (sekitar 1 kali batuk yang agak panjang kadang agak keras hingga
>seperti mau muntah), atau tengah malam. Sepertinya sih ada sedikit dahak. Soal
> [...]

Ibu Nadhira, saya juga punya anak umur 10 bulan dan agak dicurigai oleh
dokternya terkena flek (itu baru 2 hari y.l kejadiannya), Dokter
menyarankan supaya di test mantoux, tes darah dan rontgen untuk
mengetahui secara pasti apakah betul-betul ada fleknya atau tidak. Dan
saya berencana akan melaksanakan semua tes tsb.

Berdasarkan info dari dokter tsb gejala flek pada anak-anak sangat
bervariasi dan berbeda untuk setiap anaknya. Pada anak saya dicurigai
flek karena kenaikan berat badannya grafiknya mulai mendatar sejak umur
8 bulan (seharusnya selalu naik yah..)dan dia diasuh oleh pengasuh yang
bisa menjadi sumber penularan juga.

Selain itu ada gejala lain yang mungkin timbul seperti batuk-batuk,
berkeringat di malam hari, atau tidak suka makan. Bahkan tanpa gejala
tsb di atas pun ada kemungkinan anak terkena flek karena itu tadi berat
badan yang susah/tidak naik.  Yang lebih ekstrim lagi tes mantoux
negatif pun belum menjamin anak tsb bebas flek karena ada kemungkinan
dia alergi thd cairan utk tes tsb (makanya dilakukan 3 macam cara tsb di
atas).

Mungkin ini sedikit membantu, saran saya lebih baik anak ibu
diperiksakan saja langsung ke dokter untuk mengetahui secara pasti.
Karena saya kira kita tidak akan bisa mengetahui secara pasti disebabkan
gejala yang sangat bervariasi tsb.