Diah Retnoningrum <[EMAIL PROTECTED]>
>O iya, jangan lupa membawa tustel untuk mengabadikan peristiwa penting
>tersebut.

TI:
Iya, ini penting sekali. Sewaktu saya mendampingi isteri sya melahirkan,
saya lupa membawa camera. Padahal peristiwanya luar biasa.

Selain yang sudah disebut oleh rekan yang lain, yang perlu disiapkan adalah
mentalnya. Tanyakan ke dokternya apakah sudah boleh ikut senam hamil. Ini
membantu tumbuhnya rasa percaya diri sang ibu dalam menghadapi proses
kelahiran. Juga kalau ada ceramah-ceramah dari dokter tentang kesehatan ibu
dan anak serta persiapan melahirkan lain, seperti kapan harus berangkat ke
rumah sakit, apa tanda-tanda dimulainya proses kelahiran dsb. Sewaktu isteri
saya mau melahirkan, kami berdua bisa sangat tenang. Bangun pagi isteri saya
sudah mulai mengeluarkan darah, pk. 06.00 masih jalan-jalan keliling
komplek. Mandi, makan, pk. 07.00 berangkat ke rumah sakit. Pk. 10.00 teng
anak kami lahir. Sayang tidak bawa camera.