Memang flek pada paru kemungkinan disebabkan oleh virus TBC.
Bayi jika sudah ada flek diparunya biasanya  sering batuk-batuk dan badannya
kurus.

Biasanya  bayi selain harus dilakukan imunisasi juga harus dilakukan Test
Mantuk.
Test mantuk bertujuan untuk mengetahui apakah bayi kita terinfeksi virus TBC
atau tidak. Saya lupa pada usia berapa bayi di test mantuk.
Biasanya setelah ditest mantuk, tempat bekas suntikannya akan dilihat apakah
menimbulkan bekas atau tidak. Jika ada bekas berupa bulatan merah yang
diameternya cukup besar (saya lupa berapa ukurannya) berarti si bayi sudah
terinfeksi Virus TBC. Jika tidak ada bekasnya atau ada bekas tetapi kecil
sekali diameternya berarti si bayi tidak terinfeksi virus TBC.

Untuk yang telah terinfeksi virus TBC biasanya akan dilakukan test lanjutan,
yaitu test darah. Test darah biasanya untuk meyakinkan hingga berapa kadar
virus TBCnya. Kadang dokter akan  melanjutkan pemeriksaan lagi dengan
melakukan test rontgent. Ini bertujuan untuk mengetahui apakah virus TBC
sudah menyerang paru-paru atau belum. Sehingga bisa diketahui kadar obat
untuk pengobatannya apakah pengobatan yang full (jika virus sudah menyerang
paru = ada flek di paru)  atau tidak full (virus belum menyerang paru).
Memang pengobatannya memerlukan waktu yang cukup lama.

Mengenai biaya untuk proses pemeriksaan ini memang cukup mahal (dari test
mantuk, test darah dan rontgent ) .Tapi demi anak apapun kita
lakukan..setuju...
Sekian dulu informasi mengenai flek pada paru berdasarkan pengalaman yang
saya ketahui.

Thank's
Gus