Bu Sri,
Seminar ini diadakan oleh sebuah perusahaan yang menjual buku-buku untuk anak. Untuk
bagian pengantar/umum sudah saya sarikan semua, sedang beberapa bagian lain adalah
metoda yang mereka terapkan dalam menerbitkan buku-buku tersebut. Namun baiklah saya
akan sarikan (mudah-mudahan ini tidak melanggar hak cipta):
Metoda TIME LIFE  dengan Program HELP (Home Education Learning Program) katanya dapat
meningkatkan minat baca anak yang dapat membantu perkembangan intelektualitas anak
dengan Metode 'Belajar sambil bermain, bermain sambil belajar'
Prinsip-prinsip :
1. Belajar harus merupakan kegiatan yang menyenangkan
2. Harus dapat menumbuhkan minat aktif
3. Harus dapat mendorong pikiran untuk mencari lebih jauh lagi
Nah buku-buku mereka mengembangkan konsep-konsep :
1. Mengenalkan, misalnya tentang tubuh manusia, alam, binatang, angka, waktu, dll.
2. Mengembangkan misalnya tentang tubuh manusia dapat diteruskan dengan pertanyaan
aktif, mengapa warna rambut berbeda, mengapa air laut asin, dll
3. Meluaskan, jika pertanyaan tersebut dijawab makan akan mengundang pertanyaan
berikutnya yang kesemuanya diakomodasi dalam buku tersebut.
4. Melengkapi, dengan koleksi buku dan kaset dalam bahasa inggris dan buku serta
sarana untuk bermain matematika.
Yang perlu ditekankan bahwa anak tidak dibiarkan membedah buku tersebut sendiri,
justru peran orang tua yang akan menentukan perbedaan penyerapan materi dalam
buku-buku tersebut.

Demikian bu Sri. Saya pernah melihat buku-bukunya dan memang cukup menarik sebagai
contoh ada lembaran kertas yang dapat dibuka, dilipat, berlubang, warna dan
gambar-gambarnya menarik. Memang harganya cukup tinggi untuk ukuran buku anak-anak.
Tapi kalau memang kita bisa membeli, nggak ada salahnya.
Yang terpenting menurut pendapat saya teori di atas dapat diterapkan dengan buku
apapun, asal kita telaten untuk menjelaskan seluas-luasnya kepada anak dan tentu tanpa
memaksa.

Riefna Azwita Fahmi
Test System Unit/QRS
mailto:[EMAIL PROTECTED]